Comscore Tracker

Jokowi: Vaksin COVID-19 Akan Disuntikkan kepada 170-180 Juta Orang 

Penyuntikkan vaksin akhir 2020 atau awal 2021

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali membagikan bantuan modal kerja kepada para pedagang kecil. Dalam pertemuannya dengan para pedagang kecil di Istana Merdeka, Jokowi meminta mereka untuk tetap bertahan di tengah pandemik COVID-19 hingga penyuntikkan vaksin dilakukan.

"Kita tahu semua kondisi tidak mudah, kondisi berada pada posisi yang sulit baik itu pengusaha yang gede, menengah, kecil atau pengusaha mikro kondisinya sulit, tidak ada yang tidak," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Jokowi Minta Mini Lockdown, Wagub DKI: Jakarta Sudah Sejak Awal

1. Jokowi katakan vaksin akan disuntikkan kepada 180 juta orang

Jokowi: Vaksin COVID-19 Akan Disuntikkan kepada 170-180 Juta Orang Ilustrasi vaksin COVID-19. IDN Times/Arief Rahmat

Jokowi menyampaikan, pandemik COVID-19 bukan hanya melanda Indonesia saja, melainkan juga menyerang 215 negara di dunia. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tetap bertahan hingga vaksin disuntikkan.

"Insyaallah akhir tahun atau awal tahun depan vaksinnya sudah bisa disuntikkan, artinya situasi akan menuju normal kembali, tapi yang disuntik kurang lebih 170-180 juta, butuh berapa bulan juga, ini memerlukan kerja keras kita semua," ujar Jokowi.

2. Jokowi minta masyarakat bertahan hingga kondisi kembali normal

Jokowi: Vaksin COVID-19 Akan Disuntikkan kepada 170-180 Juta Orang Presiden Jokowi membagikan bantuan modal kerja di Istana Merdeka (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi lalu meminta para pedagang kecil itu untuk terus bertahan hingga keadaan kembali normal. Sebab, jika situasi sudah normal dan menyerah di tengah jalan, maka akan susah memulai kembali.

"Untuk mulai lagi tidak mudah karena mungkin akan diisi pesaing yang lain. Hati-hati, usaha mikro menengah semua seperti itu, usahakan tapi harus bertahan seperti yang saya sampaikan. Vaksin bisa disuntikkan insyaallah," ucap Jokowi.

3. Jokowi sebut pentingnya bersyukur di tengah pandemik

Jokowi: Vaksin COVID-19 Akan Disuntikkan kepada 170-180 Juta Orang Presiden Jokowi resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (25/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dengan adanya modal sebesar Rp2,4 juta itu, Jokowi meminta agar para pedagang kecil menggunakannya sebagai tambahan modal. Ia juga menyampaikan pentingnya untuk selalu bersyukur di tengah pandemik ini.

"Kita juga wajib bersyukur kehadirat Allah SWT karena ekonomi kita masih bergerak, pandemi juga terus kita tekan agar tidak naik dan situasinya memang betul-betul sebuah situasi yang harus kita hadapi sebagai ujian dari Allah SWT, dan kita ambil hikmahnya," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Harus Bertahan, Penyuntikan Vaksin Tahun Ini atau Awal 2021 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya