Comscore Tracker

Kapan Pandemik COVID-19 Berakhir? Menkes: Terus Terang Saya Gak Tahu

"Dengan semua kesulitannya bisa kita atasi."

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjawab pertanyaan masyarakat tentang kapan pandemik COVID-19 akan berakhir. Budi mengatakan dirinya tidak tahu kapan pandemik ini akan berakhir.  

"Banyak orang bertanya ke saya, kapan pandemik ini akan berakhir, saya bilang terus terang saya gak tahu. Kalau saya lihat banyak orang bikin prediksi yang lalu-lalu itu gak ada yang benar juga," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021).

1. Menkes minta masyarakat disiplin

Kapan Pandemik COVID-19 Berakhir? Menkes: Terus Terang Saya Gak TahuPetugas memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Mengenai kapan COVID-19 akan berakhir, Budi menyampaikan itu tergantung pada kedisiplinan masyarakat menaati protokol kesehatan. Semakin masyarakat disiplin, maka penyebaran virus corona akan semakin berkurang.

"Kalau kita disiplin menjalankan prokes seperti yang Mendagri sampaikan, otomatis virus ini akan menurun penularannya. Dan yang masuk rumah sakit akan makin sedikit dan yang wafat pun akan makin sedikit. Dokter dan prawat pun akan makin ringan bebannya," jelas Budi.

Baca Juga: Bukan Motor MotoGP, Ini Deretan Motor Tercepat di Dunia! 

2. Pemerintah yakin Indonesia bisa hadapi pandemik

Kapan Pandemik COVID-19 Berakhir? Menkes: Terus Terang Saya Gak TahuTenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Budi meyakini masyarakat akan menaati protokol kesehatan agar pandemik bisa segera berlalu. Dengan begitu Indonesia akan segera pulih.

"Bangsa Indonesia itu sudah menghadapi kesulitan yang jauh lebih rumit dari ini, kita tidak pernah putus asa. Selalu bisa mengatasi ini. Dan dengan semua kesulitannya bisa kita atasi asalkan kita melakukan bersama," ucap Budi.

3. Menkes minta masyarakat tak saling curiga

Kapan Pandemik COVID-19 Berakhir? Menkes: Terus Terang Saya Gak TahuMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Lebih lanjut, mantan Wakil Menteri BUMN ini meminta masyarakat untuk bergotong royong hadapi pandemik. Ia meminta tak saling curiga satu sama lain.

"Pandemik ini akan selesai kalau kita bersama-sama secara nasional menghadapinya. Kita tidak saling menyalahkan, tidak saling curiga, tidak saling menuduh, tapi kita menggabungkan semua energi sosial kita untuk mengatasi pandemik ini," tuturnya.

Baca Juga: Viral Satpam Uji Alat COVID-19 Pakai Air Keran, Kok Hasilnya Positif?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya