Kasus COVID-19 Masih Tinggi, Jokowi Minta Gubernur Bekerja Lebih Keras

Harus selalu koordinasi dengan pusat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyoroti perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia. Jokowi meminta para gubernur dan Satgas Penanganan COVID-19 bekerja lebih keras lagi menekan angka penyebaran virus corona.

"Untuk angka yang masih tinggi, saya minta gubernur betul-betul kerja keras dengan gugus tugas yang ada agar bisa ditekan angkanya," kata Jokowi saat rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020).

1. Jokowi minta gubernur yang butuh bantuan segera lapor ke pusat

Kasus COVID-19 Masih Tinggi, Jokowi Minta Gubernur Bekerja Lebih KerasPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga meminta para gubernur selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Jika membutuhkan bantuan, bisa langsung berkoordinasi dengan pusat.

"Kalau ada masalah-masalah pemerintah pusat harus bantu, sampaikan. Utamanya di komite dan gugus tugas kita," ucapnya.

2. Jokowi minta semua gubernur selalu memantau perkembangan COVID-19

Kasus COVID-19 Masih Tinggi, Jokowi Minta Gubernur Bekerja Lebih KerasPresiden Jokowi dalam Rapat Terbatas Mengenai Penanganan COVID-19 dan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (24/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi juga mengingatkan para gubernur selalu mengikuti perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia. Terutama data di daerah mereka masing-masing

"Hati-hati, saat ini berbagai negara kembali terjadi tren peningkatan kasus positif, baik di negara-negara Eropa dan juga kawasan Asia," kata Jokowi.

3. Jokowi klaim kasus COVID-19 di Indonesia masih terkendali

Kasus COVID-19 Masih Tinggi, Jokowi Minta Gubernur Bekerja Lebih KerasPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meskipun peningkatan kasus COVID-19 tengah terjadi di negara-negara lain, namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut perkembangan kasus di Indonesia masih terkendali.

"Walaupun ada beberapa peningkatan kasus positif di beberapa daerah, tapi bila dibandingkan negara-negara lain, Indonesia masih terkendali. Ini yang harus kita jaga," kata Jokowi .

Baca Juga: Indonesia Bikin Vaksin COVID-19 Sendiri, Jokowi: Uji Klinis Awal 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya