Kasus Ratna Sarumpaet, Ma'ruf Amin: Kami Tak Akan Ambil Kesempatan

Pendukung Prabowo dikabarkan lari ke Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Kasus kebohongan aktivis gerakan #2019GantiPresiden, Ratna Sarumpaet menjadi kehebohan tersendiri jelang Pilpres 2019. Bahkan, dampak dari kebohongan Ratna tersebut, menurut Ketua Umum PPP Romahurmuziy, bisa menyebabkan penudukung calon Presiden Prabowo Subianto berpindah ke calon petahana Joko 'Jokowi' Widodo.

"Jadi mereka pindah dukungan ke Pak Jokowi. Termasuk kebohongan, sehingga sadar kelompok yang berjalan apa adanya adalah Pak Jokowi dan kawan-kawan," tutur Romi, di Mojokerto, Jakarta Timur, Sabtu (6/10).

Meski begitu, calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku tak ingin menjadikan kasus Ratna sebagai kesempatan untuk menarik para pendukung di koalisi lawan politiknya. Menurut dia hal itu tidak adil.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Penyebar Hoax Perlu Dihukum Penjara

1. Pendukung Prabowo dikabarkan lari ke Jokowi, Ma'ruf menyebut wajar

Kasus Ratna Sarumpaet, Ma'ruf Amin: Kami Tak Akan Ambil KesempatanANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Terkait kabar beralihnya pendukung kubu Prabowo ke kubu Jokowi akibat kasus Ratna, Ma'ruf menyampaikan kemungkinan para pendukung kecewa karena kasus kebohongan yang diciptakan oleh Ratna sendiri. Apalagi kala itu Ratna masih menjadi anggota di Tim Pemenangan Prabowo-Sandi.

"Ya saya kira wajar saja karena dia menjadi kecewa mungkin ya. Orang kecewa bisa aja," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/10).

2. Ma'ruf akui tak akan mengambil kesempatan untuk tarik pendukung Prabowo

Kasus Ratna Sarumpaet, Ma'ruf Amin: Kami Tak Akan Ambil KesempatanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Ma'ruf juga menegaskan bahwa kubunya tak akan memanfaatkan kasus Ratna untuk menarik pendukung Prabowo berpindah ke kubu Jokowi. Baginya hal itu sangat tidak adil bagi kontestasi politik yang saat ini sedang berlangsung.

"Gak lah (tarik pendukung Prabowo). Kita tidak memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Itu tidak boleh. Kita fair saja lah," ungkap Ma'ruf.

Baca Juga: Alasan Polisi Dahulukan Periksa Amien Rais dalam Kasus Ratna Sarumpaet

3. Kasus Ratna, Ma'ruf serahkan semua kepada proses hukum

Kasus Ratna Sarumpaet, Ma'ruf Amin: Kami Tak Akan Ambil KesempatanANTARA FOTO/Reno Esnir

Sementara, berkaitan dengan status tersangka yang diberikan kepada Ratna, Ma'ruf menyerahkan segalanya kepada proses hukum. Ia berharap agar semuanya diproses sesuai dengan yang telah diperbuat oleh Ratna.

"Ya kita serahkan saja pada proses penegak hukum ya. Apa yang seharusnya dan semestinya terhadap misalnya kasus kebohongan publik seperti apa," paparnya.

Baca Juga: Ratna Sarumpaet Diberi Gelar 'Ibu Hoax', Ma'ruf Amin Tertawa

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya