Keterpakaian Tempat Tidur RS di Sumatera Masih Jadi yang Tertinggi

Kasus aktif Sumatera meningkat sejak awal April

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan beberapa daerah mengalami kenaikan keterpakaian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR). Sumatera menjadi wilayah dengan BOR tertinggi.

"Namun beberapa yang relatif tinggi di Sumatera. Dan kita lihat bahwa Sumatera Utara 57 persen, Riau 52 persen, Kepulauan Riau 49 persen, Sumatera Barat juga 49 persen, Sumatera Selatan 47 persen, Babel 45 persen, Jambi 43 persen, Lampung 38 dan 34 (Aceh)," kata Airlangga dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

1. Terdapat varian baru COVID-19 di Sumatera

Keterpakaian Tempat Tidur RS di Sumatera Masih Jadi yang TertinggiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Airlangga mengatakan, kendati begitu masih BOR secara nasional relatif rendah sebesar 29 persen. Ia menyebut, salah satu yang menyebabkan BOR meningkat di Sumatera karena adanya varian baeu COVID-19.

"Ada varian-varian baru di beberapa provinsi di Sumatera," ujar Airlangga.

Baca Juga: Spanduk Tolak Warga Balik Mudik Tanpa Hasil Tes COVID Marak di Jakarta

2. Sumatera mengalami peningkatan kasus aktif sejak minggu pertama April

Keterpakaian Tempat Tidur RS di Sumatera Masih Jadi yang TertinggiIlustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Kemudian, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu menerangkan bahwa Sumatera memang alami peningkatan kasus aktif sejak minggu pertama April.  

"Dan juga tentu kita memonitor mobilitas penduduk pasca libur Lebaran dari Sumatra ke Jawa," ucap Airlangga.

3. Terdapat 15 provinsi yang alami kenaikan kasus aktif

Keterpakaian Tempat Tidur RS di Sumatera Masih Jadi yang TertinggiPersonel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020) (ANTARA FOTO/Oky)

Berikutnya, Airlangga memaparkan provinsi-provinsi yang alami peningkatan kasus aktif. Terdapat 15 provinsi yang mengalami peningkatan.

"Kemudian kalau kita lihat 15 provinsi kasus aktifnya meningkat, yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Babel, DKI Jakarta, Maluku, Banten, NTB, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan," jelas Airlangga.

Baca Juga: Tips Cerdas Kelola THR di Tengah Pandemik COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya