Comscore Tracker

Spanduk Tolak Warga Balik Mudik Tanpa Hasil Tes COVID Marak di Jakarta

Warga minta pemudik yang balik untuk swab antigen atau PCR

Jakarta, IDN Times - Meski pemerintah telah menerapkan kebijakan larangan mudik selama Lebaran, jutaan masyarakat Indonesia tetap ngeyel pulang ke kampung halaman di tengah pandemik COVID-19. Terkait banyaknya masyarakat yang masih mudik, muncul penolakan dari sejumlah warga DKI Jakarta terhadap pemudik yang pulang ke ibu kota tanpa hasil tes bebas COVID-19.

Penolakan tersebut disuarakan melalui spanduk-spanduk yang dipasang di beberapa permukiman di sejumlah wilayah Jakarta. Isinya, warga melarang kepulangan pemudik di Jakarta tanpa adanya hasil swab antigen. 

Berikut sejumlah spanduk penolakan yang dipasang di pintu-pintu masuk permukiman.

1. Tersebar di beberapa wilayah di Jakarta pusat

Spanduk Tolak Warga Balik Mudik Tanpa Hasil Tes COVID Marak di JakartaIlustrasi. Pengendara melintas di pos penyekatan larangan mudik yang tidak dijaga petugas di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Akun media sosial Instagram @infojkt24 menunjukkan potret spanduk berisikan narasi penolakan masyarakat kepada pemudik yang tidak melaksanakan tes swab.

"Sebuah potret spanduk Bertuliskan "Tolak Pemudik Yang Balik Tanpa Surat Bebas Covid" di beberapa wilayah Jakarta Pusat," tulis akun @infojkt24, seperti dikutip, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Polri: 36.468 Kendaraan Diputarbalik, 24 Pemudik Positif COVID-19 

2. Begini isi 'ultimatum' warga terhadap pemudik yang balik ke Jakarta

Beberapa wilayah di Jakarta pusat yang memasang spanduk semacam itu dapat dilihat di wilayah Gunung Sahari, Sawah Besar dan Karang Anyar.

"Kami warga Karang Anyar menolak keras pemudik yg balik tanpa surat bebas Covid," bunyi salah satu spanduk.

"Warga Kartini menolak pemudik tanpa swab PCR, Kartini sudah hijau," seperti bunyi spanduk lain.

3. Pemudik diwajibkan tes COVID-19 sebelum kembali ke Jakarta

Spanduk Tolak Warga Balik Mudik Tanpa Hasil Tes COVID Marak di JakartaPemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021) dini hari. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sejumlah foto terkait penolakan tersebut juga diunggah oleh akun Instagram resmi @humaspolresjakartapusat untuk memberikan imbauan pada masyarakat.

"Himbauan kepada warga penduduk terutama penduduk wilayah Jakarta pusat yg nekat untuk mudik diwajibkan rapid tes sebelum memasuki wilayah Jakarta pusat," tulis akun @humaspolresjakartapusat.

Baca Juga: Efektifkah Penyekatan Cegah Mudik? Jawabannya Baru di Pekan Kedua Juni

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya