Koalisi Jokowi Disebut Telah Menutup Pintu, Golkar: SBY Terlalu Perasa

"Kami sebenarnya sedang membuka pintu untuk Pak SBY."

Jakarta, IDN Times - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Sarmuji menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono (SBY) yang mengatakan bahwa pintu Demokrat untuk menuju koalisi Jokowi telah tertutup. Menurutnya, bukan koalisi Jokowi yang menutup pintu, melainkan SBY yang menutup kesempatan bergabung dengan koalisi Jokowi.

1. Pintu masih terbuka, Demokrat putar arah

Koalisi Jokowi Disebut Telah Menutup Pintu, Golkar: SBY Terlalu PerasaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sarmuji menyampaikan jika klaim SBY bahwa koalisi Jokowi menutup pintu terhadap Demokrat itu tidak benar. Ia mengatakan bahwa SBY mungkin terlalu perasa, sehingga menafsirkan fakta melebihi yang sebenarnya.

"Kami sebenarnya sedang membuka pintu untuk Pak SBY, tapi begitu pintu setengah terbuka, Pak SBY menafsirkan pintu mau tertutup. Itulah yang terjadi," jelas Sarmuji di Gedung DPR RI, Kamis (26/7).

Baca juga: PDIP: SBY Mempolitisasi Hubungannya dengan Mega

2. SBY yang menutup kesempatan bergabung bersama Jokowi

Koalisi Jokowi Disebut Telah Menutup Pintu, Golkar: SBY Terlalu PerasaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut dia, koalisi Jokowi tetap membuka pintu bagi siapa pun yang ingin bergabung. Sebaliknya, Sarmuji menerangkan bahwa SBY lah yang menutup pintu koalisi.

"Ya kemarin-kemarin kan kita masih terbuka ya, tapi justru Pak SBY yang menutup kesempatan untuk bergabung ke koalisi," terangnya.

3. Koalisi Jokowi masih membuka peluang Demokrat bergabung

Koalisi Jokowi Disebut Telah Menutup Pintu, Golkar: SBY Terlalu PerasaDok. IDN Times

Hingga kini, Sarmuji mengaku jika koalisi Jokowi masih membuka peluang kepada partai lain untuk bergabung. Dan hal itu akan membuat koalisi semakin kuat dan besar.

"Kalau kami, semakin banyak yang bisa bergabung dengan kami ini semakin bagus. Koalisi besar tidak menjadi persoalan untuk kita sama-sama mengusung Pak Jokowi. Tapi seandainya ada partai yang memilih jalan lain, kami hormati," ujar Sarmuji.

Baca Juga: Saling Tuding, Koalisi Demokrat-PDIP Semakin Jauh dari Harapan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya