Makna Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan RI Memutus Rantai COVID-19

Jokowi minta bangsa Indonesia melanjutkan perjuangan pejuang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengucapkan selamat Hari Pahlawan yang jatuh pada Selasa (10/11/2020). Melalui akun Twitter-nya, @jokowi, dia mengatakan perjuangan bangsa Indonesia saat ini belum berakhir. Salah satu perjuangan yang harus dilakukan adalah memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Perjuangan kita kini adalah memutus rantai penyebaran pandemik COVID-19 yang sudah delapan bulan mendera negeri ini," kata Jokowi lewat akun Twitter-nya, Selasa.

Baca Juga: Biografi 6 Tokoh yang Diberi Gelar Pahlawan Nasional Tahun Ini

1. Jokowi mengajak bangsa Indonesia melanjutkan perjuangan para pahlawan

Makna Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan RI Memutus Rantai COVID-19Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melupakan jasa para pahlawan. Ia meminta masyarakat agar tetap melanjutkan perjuangan para pahlawan.

"Hari ini, kita mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, sembari memancang tekad untuk meneruskan perjuangan mereka di palagan yang lain," ucap Jokowi.

2. Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional pada enam tokoh nasional

Makna Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan RI Memutus Rantai COVID-19Presiden Jokowi beri penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa (10/11/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh nasional. Penganugerahan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 117/TK/2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, sebagai penghormatan yang tinggi atas jasa mereka yang luar biasa.

"Ini sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasanya yang luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan kesatuan bangsa," kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho membacakan Keppres tersebut.

3. Enam tokoh yang mendapatkan anugerah Pahlawan Nasional

Makna Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan RI Memutus Rantai COVID-19Presiden Jokowi beri penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa (10/11/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Adapun keenam tokoh yang dianugerahi Pahlawan Nasional sebagai berikut:

1. Sultan Baabullah, tokoh dari Provinsi Maluku Utara
2. Machmud Singgirei Rumagesan, tokoh dari Provinsi Papua Barat
3. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kapolri pertama RI, tokoh DKI Jakarta
4. Arnold Mononutu, tokoh dari Provinsi Sulawesi Utara
5. Sutan Mohammad Amin Nasution, tokoh dari Provinsi Sumatra Utara
6. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusim Bin Adi, tokoh dari Jambi.

 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Sah! Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional pada 6 Tokoh Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya