Menkes Optimistis Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Tercapai Awal Juli

Menkes akan kerja sama dengan Pemda hingga TNI-Polri

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin optimistis target vaksinasi 1 juta orang per hari di awal Juli 2021 bisa tercapai. Sebab, pada Kamis, 17 Juni 2021 lalu, target vaksinasi 700 ribu orang per hari sudah tercapai.

“Kami laporkan bahwa angka 716.000 sudah dicapai hari Kamis kemarin. Terima kasih bantuan TNI-Polri. Bapak Presiden sudah kami laporkan dan Bapak Presiden meminta agar kalau bisa awal bulan depan sudah dicapai 1 juta,” kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

1. Menkes akan kejar target vaksinasi bekerja sama dengan Pemda, TNI-Polri

Menkes Optimistis Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Tercapai Awal Juliilustrasi pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Untuk mencapai target vaksinasi itu, Budi mengatakan pihaknya akan terus bekerja sama dengan banyak pihak seperti Pemda hingga TNI-Polri.

“Kami bekerja sama terus, berkomunikasi dengan Bapak Panglima dan Bapak Kapolri, InsyaAllah kita percaya, kita yakin bahwa angka 1 juta vaksinasi per hari kita bisa capai di awal bulan depan sesuai dengan arahan presiden,” ungkap Budi.

Baca Juga: Pemprov DKI Minta Perkantoran di Zona Merah Segera Vaksinasi Pegawai

2. Menkes yakini kasus COVID-19 di RI bisa turun lagi

Menkes Optimistis Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Tercapai Awal JuliMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Meski kasus COVID-19 di Tanah Air alami lonjakan. Budi meyakini kasus akan segera menurun. Sebab, ia berkaca dari kenaikan kasus saat awal tahun lalu.

“Kita pernah mengalami hal seperti ini di Januari, Februari, kita mengalami lonjakan seperti ini di beberapa daerah seperti Riau, Cilacap, Kudus, Bangkalan, sekarang kita mengalami di DKI Jakarta dan beberapa kota lainnya,” ujar Budi.

“Kita percaya bangsa kita adalah bangsa yang kuat, kalau kita bekerja bersama-sama, empat pilar kita InsyaAllah akan bisa menghadapi masalah ini bersama,” katanya lagi.

3. Menkes lapor ke Jokowi soal lonjakan kasus di Indonesia

Menkes Optimistis Target 1 Juta Vaksinasi per Hari Tercapai Awal JuliPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sementara, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan telah melaporkan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia pada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Menurut Budi, ia telah melaporkan bahwa kasus virus corona di Indonesia memang semakin melonjak.

"Kami sampaikan saat ini memang terjadi peningkatan yang luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya bukan hanya ke sisi hilir, di sisi rumah sakit, di sisi penanganan orang sakit, tapi lebih penting lagi fokus ke sisi hulu, bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

Selain itu, Budi juga melaporkan terkait kesiapan pemerintah pada lonjakan kasus COVID-19 usai Lebaran. Berkaca dari melonjaknya kasus di awal tahun, Budi menyampaikan pemerintah telah menyiapkan tambahan tempat tidur hingga obat-obatan.

"Kami sampaikan berdasarkan pengalaman di peningkatan kasus Januari, Februari di awal tahun ini. Kami sudah mempersiapkan lebih dini jumlah tempat tidur yang ada, obat-obatan yang diperlukan, peralatan seperti APD dan juga masker yang dibutuhkan. Termasuk juga tenaga kesehatannya," jelas Budi.

Baca Juga: Kemenkes Minta Vaksinasi 18 Tahun ke Atas di Bodebek-Bandung Dikebut

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya