Menkes Pastikan Fasilitas RS Tersedia Bila Kasus COVID-19 Melonjak

Pemerintah antisipasi lonjakan kasus usai Lebaran

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah sudah memastikan fasilitas-fasilitas rumah sakit di Indonesia siap menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Hal itu merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengantisipasi bila terjadi lonjakan kenaikan kasus.

"Lebaran sudah dekat dan tugas kami adalah mempersiapkan kondisi terburuk. Saya merasa dan berharap insyaallah ini tidak terjadi, tapi toh kalaupun terjadi peningkatan penularan, kita ingin melakukan antisipasi agar kita tidak kaget dan cukup fasilitasnya," kata Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/5/2021).

Antisipasi tersebut dilakukan pemerintah karena tak ingin seperti negara-negara lain.

"Sejak Januari, yang penting diantisipasi adalah  kesediaan tempat tidur rumah sakit supaya tidak terjadi seperti negara lain, di mana kapasitasnya tidak siap dan juga kesiapan obat-obatan dan fasilitas lainnya seperti oksigen," ujar Budi.

Baca Juga: Menkes: Varian COVID-19 dari India Paling Banyak di Sumsel dan Kalteng

1. Indonesia memiliki 70 ribu tempat tidur dan 7.500 ruang ICU untuk pasien COVID-19

Menkes Pastikan Fasilitas RS Tersedia Bila Kasus COVID-19 MelonjakIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Arief Rahmat

Budi menyebut, total ada 390 ribu tempat tidur yang ada di rumah sakit seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, yang dapat dipakai pasien COVID-19 sebanyak 70 ribu tempat tidur.

Sementara, kapasitas ruang ICU secara nasional tercatat sebesar 22.000 tempat tidur. Dari jumlah itu, lanjut Budi, sebanyak 7.500 tempat tidur di ICU diperuntukkan bagi pasien COVID-19.

"Kapasitas rumah sakit dan ICU yang kita miliki itu masih tiga kali lebih besar daripada kapasitas tempat tidur dan ICU yang kita dedikasikan untuk COVID," ucap Budi.

2. Masih tersedia 40 ribu tempat tidur di rumah sakit

Menkes Pastikan Fasilitas RS Tersedia Bila Kasus COVID-19 MelonjakIlustrasi petugas medis yang menangani COVID-19 (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Kemudian, Budi mengungkapkan, keterpakaian tempat tidur untuk pasien COVID-19 saat ini sebanyak 23 ribu dari kapasitas 70 ribu tempat tidur. Sehingga, terdapat 40 ribu tempat tidur yang masih kosong atau tidak terisi.

"Masih sekitar hampir 200 persen atau dua kali lipat dari keterisian pasien COVID sekarang," terang Budi.

Kendati begitu, Budi tak berharap 40 ribu tempat tidur yang kosong itu nantinya akan diisi oleh pasien COVID-19.

3. Dari 7.500 tempat tidur yang tersedia di ruang ICU, baru 2.500 yang terpakai

Menkes Pastikan Fasilitas RS Tersedia Bila Kasus COVID-19 MelonjakIlustrasi rumah sakit (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Sedangkan untuk ruang ICU, sudah terisi 2.500 dari kapasitas 7.500 tempat tidur. Sehingga, lanjut Budi, Indonesia masih memiliki ketersediaan tempat tidur di ruang ICU sekitar dua kali lipat dari kondisi saat ini.

"Persiapan sudah kita lakukan. Saya berdoa persiapan itu tidak terpakai dan tetap menjadi kosong gitu ya, tapi kalau toh pun ada seenggaknya kita sudah melakukan persiapan," pungkas Budi.

Baca Juga: Menkes Budi: Prokes Jangan Kendor, Jangan Sampai Seperti India

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya