Menkes Terawan Optimistis Indonesia Tidak Perlu Lockdown

Masyarakat jangan panik hadapi berita terkait virus corona

Jakarta, IDN Times - Isu Indonesia untuk diisolasi lantaran penyebaran virus corona atau COVID-19 semakin ramai. Seirama dengan juru bicara pemerintah, Achmad Yurianto, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga merasa Indonesia tidak perlu diisolasi atau lockdown.

Isu lockdown atau menutup kota/negara itu mencuat agar penyebaran virus corona di Indonesia tidak semakin luas dan banyak. Namun, pemerintah sepertinya belum akan melakukan hal itu.

1. Terawan katakan Indonesia belum perlu lakukan lockdown

Menkes Terawan Optimistis Indonesia Tidak Perlu LockdownPetugas menyemprotkan cairan desinfektan di Masjid An-Nahdlah di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, Jumat (13/3/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menteri Kesehatan Terawan menyebut Indonesia masih belum perlu melakukan lockdown. Terpenting, kata dia, masyarakat saat ini harus menjaga kebersihan.

"Tidak ada lockdown karena sudah dikasih tahu apa yang dilakukan adalah preventif, pencegahan, membersihkan lingkungan dalam beribadah. Yang penting kita lakukan sekarang jaga imunitas tubuh kita," ujar Terawan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Baca Juga: Lockdown Efektif Cegah Corona, JK: Indonesia Bisa Kalau Diinstruksikan

2. Terawan imbau masyarakat agar tidak panik

Menkes Terawan Optimistis Indonesia Tidak Perlu LockdownCalon pengguna transportasi umum mengenakan masker saat melintasi kawasan Terowongan Kendal, Jakarta, Kamis (12/3/2020) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Terawan juga mengimbau agar masyarakat tidak panik menghadapi virus corona. Sebab, imunitas bisa terganggu apabila psikologis tak baik.

"Apa yang dibangun negara lain, negara yang mulai bangkit, adalah membangun imunitas psikologis kita, teman-teman di negara lain mulai optimistis sehingga imunitasnya naik," jelas Terawan.

3. Jubir pemerintah sebut tak perlu lockdown

Menkes Terawan Optimistis Indonesia Tidak Perlu LockdownANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya, juru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, dr. Achmad Yurianto, mengatakan untuk saat ini pemerintah tidak akan menempuh opsi untuk mengisolasi area yang terdapat kasus positif virus mematikan itu.

Menurutnya, sejauh ini, opsi lockdown tidak diperlukan. Ia menilai dengan mengisolasi satu wilayah justru akan meningkatkan peluang penularan virus yang diberi nama Sars-CoV-2 itu. 

"Kami tidak akan memakai opsi lockdown," ungkap pria yang akrab disapa Yuri itu ketika memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan pada Kamis (12/3). 

Baca Juga: Menkes Terawan: Saya Bahagia, Teori Virus Corona Sembuh Sendiri Benar!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya