Menkes: Vaksin Booster buat Lansia Gratis

Lansia diprioritaskan karena masuk kelompok rentan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk kelompok lanjut usia (lansia) akan diberikan secara gratis pada Januari 2022. Hal itu disampaikan Budi saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (14/12/2021).

"Booster ini kami berikan berbasis risiko, yakni kepada orang-orang lansia. Karena di mana pun di seluruh dunia, booster ini dibagikan berbasis risiko, sesudah tenaga kesehatan itu diberikan ke lansia," kata Budi seperti dikutip dari ANTARA.

1. Vaksin booster gratis berlaku untuk lansia dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan

Menkes: Vaksin Booster buat Lansia Gratisilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Budi menuturkan pemerintah membagi dua skenario pembiayaan vaksinasi booster pada Januari 2022 mendatang. Budi mengatakan vaksin booster gratis dibiayai negara berlaku untuk lansia dan non-lansia Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. 

Sedangkan, vaksinasi mandiri dan non-lansia akan melibatkan perusahaan farmasi swasta.

"Kami akan buka agar perusahaan farmasi mengimpor vaksinnya dan langsung menjualnya kepada masyarakat, sehingga terjadi keseimbangan di pasar dan akses masyarakat dalam memilih jenis vaksin menjadi lebih banyak," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Vaksinasi Booster Dimulai Januari 2022

2. Lansia jadi prioritas karena masuk kelompok rentan

Menkes: Vaksin Booster buat Lansia GratisSejumlah warga antre saat mengikuti vaksinasi massal COVID-19 di Aula Mapolres Kabupaten Serang, Banten, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman.

Mantan Wakil Menteri BUMN ini menyebut vaksin booster dari APBN akan diberikan kepada 83,1 juta orang dengan alokasi vaksin sekitar 92 juta dosis. Sementara, vaksin booster non-APBN diberikan ke 125 juta orang dengan kebutuhan jumlah vaksin sekitar 139 juta dosis, termasuk vaksin cadangan.

Prioritas vaksin booster kepada lansia, lanjut Budi, menjadi hal penting yang diperhatikan pemerintah. Sebab, kata dia, lansia termasuk dalam kelompok rentan tertular dan jatuh sakit akibat COVID-19.

"Memang kami akui ini (vaksinasi lansia) paling susah dan paling kalah bersaing dibandingkan dengan profesi dan usia lain untuk mendapatkan vaksinasi, terutama kalau dia sudah agak jauh dari kota besar atau ibu kota provinsi," ujar Budi.

3. Jokowi minta pemberian vaksin booster dimulai Januari 2022

Menkes: Vaksin Booster buat Lansia GratisPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar pemberian vaksin booster terus dipersiapkan, sehingga pada Januari 2022 dapat dilaksanakan. Pelaksanaan vaksinasi booster akan diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan.

“Jadi kami sedang akan memfinalkan terkait dengan vaksin berbasis PBI dan juga vaksin non-PBI,” ucap Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin Booster Pfizer Diklaim Ampuh 25 Kali Lawan Omicron 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya