Menlu Retno Buka-Bukaan Isi Obrolan WhatsApp Grup Kabinet Jokowi

Menteri-menteri ekstra sibuk. Jadi ngobrolnya di WAG.

Tangerang, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bercerita tentang WhatsApp Grup (WAG) Menteri Kabinet Kerja. Retno mengatakan WAG tersebut digunakan oleh para menteri untuk berkoordinasi, terutama apabila ada isu-isu yang tengah menjadi sorotan publik.

"Tiba-tiba muncul dan viral mengenai satu isu. Terus ada yang nge-post di WA Grup menteri. 'Ini viral lho, siapa yang tanggung jawab?'. Lalu disahut sama menteri yang bertanggung jawab 'oke ini isu gue. Ini yang sudah gua lakukan'. Lalu yang lain bilang say it say it. Karena kalau tidak dikeluarkan publik gak tahu," ujar Retno dalam acara Indonesia Writers Festival 2019 by IDN Times, Sabtu (7/9).

Saat ini, menurut Retno, para menteri sangat disibukkan dengan pekerjaannya masing-masing. Sehingga, terkadang mereka lupa untuk memberitahu kepada publik apa yang sudah mereka kerjakan selama ini.

"Karena kita kan sibuk kerja, lupa bahwa kerja itu harus diomongin keluar. Kalau gak, nanti ditanya 'lo ngapain sih? Lu sibuk dari pagi malam pagi malam, tapi ngapain sih?'. Jadi itu lah fungsinya WA Grup untuk koordinasi," ucap Retno.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Cerita Menlu Retno Marsudi yang 24 Jam Selalu Memegang Handphone

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya