Comscore Tracker

Menteri Bappenas Serahkan Detail Kajian Ibu Kota Baru kepada Jokowi

Pemerintah masih harus dalami beberapa hal

Jakarta, IDN Times - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro datang menemui Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Jumat (23/8). Kedatangan Bambang tersebut untuk memberikan kajian terbaru mengenai ibu kota Indonesia yang baru.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga sempat mengatakan bahwa ia belum bisa mengumumkan lokasi ibu kota baru lantaran masih harus mengkaji beberapa hal lagi.

1. Bambang serahkan detail kajian ibu kota baru kepada Jokowi

Menteri Bappenas Serahkan Detail Kajian Ibu Kota Baru kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bambang menyampaikan, ia datang ke Istana tersebut karena dipanggil oleh Jokowi. Ia pun sekaligus menyerahkan detail kajian mengenai ibu kota baru pada kedatangannya itu.

"Jadi sudah kami serahkan, dan Presiden akan melihat dan me-review dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan," kata Bambang.

Baca Juga: Moeldoko Respons Usulan Sandiaga Soal Referendum Pemindahan Ibu Kota

2. Pemerintah masih harus mendalami beberapa hal lagi terkait ibu kota baru

Menteri Bappenas Serahkan Detail Kajian Ibu Kota Baru kepada JokowiDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi, yang kemarin sempat mengatakan masih akan melihat dua kajian lagi terkait ibu kota baru. Bambang mengatakan itu bukan karena ada data atau kajian yang kurang, melainkan masih ada beberapa hal yang mesti didalami lagi oleh pemerintah.

"Bukan kurang, artinya ada detail yang harus kami dalami dan barusan kami serahkan," jelasnya. Dua detail tersebut terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota baru.

3. Lokasi ibu kota akan segera diumumkan Jokowi

Menteri Bappenas Serahkan Detail Kajian Ibu Kota Baru kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait lokasi pasti ibu kota, Bambang enggan menjawab dengan gamblahg. Ia hanya menuturkan bahwa pengumuman lokasi akan segera diumumkan oleh Jokowi.

"Lokasi nanti diumumkan, sabar," terang Bambang.

4. Lokasi ibu kota baru akan diumumkan pada waktu yang tepat

Menteri Bappenas Serahkan Detail Kajian Ibu Kota Baru kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengatakan saat ini belum saatnya lokasi ibu kota baru diumumkan. Sebab, pemerintah masih mengkaji berbagai kemungkinan.

"Akan kita umumkan pada waktunya, masih menunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (22/8).

Baca Juga: Mantan Bos Bappenas Mohon ke Jokowi Pertimbangkan Pemindahan Ibu Kota

5. Sofyan Djalil sebut lokasi ibu kota di Kalimantan Timur

Menteri Bappenas Serahkan Detail Kajian Ibu Kota Baru kepada JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berbeda dengan Jokowi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil sebelumnya sempat blak-blakan mengatakan lokasi calon ibu kota negara yang baru. Hal itu dia ungkapkan saat menjawab pertanyaan wartawan soal lokasi ibu kota baru.

Saat itu wartawan mempertanyakan soal kepastian tanah yang akan digunakan untuk pembangunan pusat pemerintahan. Dia menjawab bahwa tanahnya saat ini masih belum dikunci pemerintah.

"Begitu diputuskan di mana lokasinya akan kita kunci," ujarnya di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

Selanjutnya, Sofyan ditanya soal lokasi tanah tersebut bahwa ada di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Dirinya pun membenarkan pertanyaan tersebut.

"Iya Kaltim benar tapi belum tahu, lokasi spesifiknya di mana yang belum," ungkapnya.

Baca Juga: Kaltim Disebut Calon Ibu Kota Baru, Sudah Penuhi Kriteria Ini?

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You