Comscore Tracker

Momen Jokowi Ditawari Sepatu UMKM Milik Greysia Polii di Istana Bogor

Jokowi puji sepatu lokal usaha Greysia Polii kualitas dunia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan dirinya baru saja membeli sepasang sepatu baru. Namun, sepatu tersebut bukan sembarang sepatu karena Jokowi membelinya dari atlet bulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii.

Saat menerima atlet Olimpiade Tokyo di Istana Bogor, Jokowi sempat ditawari sepatu yang merupakan usaha dari Greysia itu. Orang nomor satu di Indonesia itu menyampaikan bahwa sepatu bermerek Fine Counsel milik Greysia adalah buatan dalam negeri.

"Saya baru saja membeli sepatu baru. Jenisnya sneaker kesukaan saya, mereknya FINE COUNSEL. Dan yang istimewa, sepatu ini buatan dalam negeri yang pemilik usahanya Anda kenal semua: Greysia Polii," tulis Jokowi di akun Instagram-nya @jokowi, pada Jumat (13/8/2021).

"Kebetulan juga, sudah saatnya saya menambah sepatu sneakers," ujarnya lagi.

1. Jokowi sebut Greysia sudah mempunyai usaha sepatu dan pakaian

Momen Jokowi Ditawari Sepatu UMKM Milik Greysia Polii di Istana BogorPresiden Jokowi terima atlet Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam unggahannya tersebut, Jokowi bercerita bahwa Greysia diam-diam tengah menyiapkan rencana masa depannya sebelum menggantungkan raket.

"Ya, peraih medali emas di Olimpiade Tokyo ini diam-diam rupanya telah menyiapkan rencana masa depannya setelah nanti tak lagi mengayun raket. Ia sudah punya usaha sepatu dan pakaian yang produksinya di Malang," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Berikan Bonus Rp5,5 Miliar Buat Greysia/Apriyani!

2. Jokowi sebut sepatu milik Greysia buatan dalam negeri tapi berkualitas dunia

Momen Jokowi Ditawari Sepatu UMKM Milik Greysia Polii di Istana BogorPresiden Jokowi mencoba sepatu produksi dalam negeri dari brand yang dimiliki Greysia Polii, atlet bulu tangkis Indonesia. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Jokowi, usai acara penerimaan atlet Olimpiade Tokyo, Greysia sempat menghampirinya dan menawarkan sepatu tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lalu memuji bahwa kualitas sepatu buatan dalam negeri tidak kalah dari kualitas dunia.

"Pagi tadi, Greysia datang ke Istana bersama kontingen Indonesia yang baru pulang dari Jepang, menerima bonus, seraya menawarkan sepatu produksinya ini. Sepasang sneakers dari kulit yang katanya dikerjakan oleh tangan-tangan terampil orang Indonesia sendiri, tapi berkualitas dunia," ungkap Jokowi.

3. Jokowi beri bonus Rp5,5 miliar untuk Greysia-Apriyani

Momen Jokowi Ditawari Sepatu UMKM Milik Greysia Polii di Istana BogorPresiden Jokowi terima atlet Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerima para atlet Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (13/8/2021). Dalam sambutannya itu, Jokowi mengapresiasi kerja keras para atlet untuk mendapatkan medali dan memberikan bonus pada mereka.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur saudara-saudara telah tiba kembali di Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat dan saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan atas kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih,” kata Jokowi seperti yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kemudian, Jokowi pun memberikan bonus atas kerja keras para atlet tersebut. Awalnya, mantan Wali Kota Solo ini ragu menyebutkan nominalnya karena saat ini Indonesia tengah mengalami krisis pandemik.

“Atas prestasi yang saudara-saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus, tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut. Apakah perlu saya sebut?” tanya Jokowi pada para atlet.

Mendengar pertanyaan orang nomor satu di Indonesia ini, para atlet dengan semangat mengatakan angkanya perlu disebutkan.

“Perlu pak. Biar senang, pak,” ujar mereka.

Akhirnya, Jokowi pun menyebutkan angka dari bonus yang diberikan pemerintah. Sebagai peraih medali emas, ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mendapatkan bonus sebesar Rp5,5 miliar.

“Karena situasinya pandemik. Tapi gak apa-apa saya sebut ya. Jadi untuk peraih medali emas Rp5,5 miliar,” tuturnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga memberikan bonus sebesar Rp2,5 miliar kepada peraih medali perak yaitu Eko Yuli Irawan di angkat besi putra kelas 61 kg. Lalu, para peraih medali perunggu seperti Anthony Ginting dari tunggal putra bulu tangkis, Windy Cantika dari angkat besi putri kelas 41 kg, dan Rahmat Erwin Abdullah dari angkat besi putra kelas 73 kg masing-masing juga mendapat bonus sebesar Rp1,5 miliar.

Selain diberikan kepada para atlet, Jokowi turut memberikan bonus kepada para pelatih dari atlet yang mendapatkan medali. Seperti pelatih atlet medali emas mendapatkan bonus sebesar Rp2,5 miliar, pelatih atlet medali perak mendapatkan Rp1 miliar, pelatih atlet medali perunggu mendapatkan Rp600 juta.

“Bonus juga diberikan kepada para pelatih, kemudian juga para atlet non peraih medali juga diberikan (bonus),” ucap Jokowi.

Baca Juga: Megawati Mengaku Ajari Jokowi Blusukan, dan Ajarkan Puan Salami Rakyat

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya