Nusron Wahid Konsolidasikan Dukungan Relawan Ahok ke Jokowi-Ma'ruf

Ma'ruf yang membuat fatwa penistaan agama kasus Ahok dulu.

Jakarta, IDN Times - Inisiator Relawan Nusantara (Relanu), Nusron Wahid menemui calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di kediaman Ma'ruf, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/9). Pertemuannya dengan Ma'ruf tersebut bertujuan untuk menyampaikan dukungan Relanu kepada pasangan calon Jokowi-Ma'ruf.

Relanu sendiri saat Pilkada Gubernur DKI Jakarta 2017 adalah pendukung dari pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat. Nusron memastikan bahwa di Pilpres 2019 mereka mendukung Jokowi dan Ma'ruf.

1. Relawan Ahok mendukung Jokowi-Ma'ruf

Nusron Wahid Konsolidasikan Dukungan Relawan Ahok ke Jokowi-Ma'rufIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam pertemuannya dengan Ma'ruf, Nusron mengatakan bahwa ia akan mengatur waktu untuk mempertemukan para relawan dengannya. Terutama, ia akan mencoba mengumpulkan Ahokers dari sayap Islam agar bisa memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Sebelumnya, saat Ma'ruf masih menjabat sebagai Ketua MUI aktif, hubungan antara Ma'ruf dan para pendukung Ahok tak terlalu baik. Ma'ruf dituding menjadi 'dalang' dalam pembuatan fatwa penistaan agama yang menyebabkan Ahok dijebloskan ke dalam penjara.

"Nah, kenapa ini perlu kami koordinasikan memang beberapa Ahokers yang tergabung dalam relawan Nusantara, ketika Kiai Ma'ruf ditetapkan menjadi cawapres sempat ada yang kaget," kata Nusron.

"Karena bagaimana pun juga, Kiai Ma'ruf Amin yang memberikan fatwa bahwa Ahok adalah penista agama dan Ahok dipenjara pada waktu itu," lanjutnya.

2. Nusron akan mengatur waktu untuk mempertemukan pendukung Ahok dan Ma'ruf

Nusron Wahid Konsolidasikan Dukungan Relawan Ahok ke Jokowi-Ma'rufIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah ia mencoba menjelaskan kepada para pendukung Ahok tentang posisi sebenarnya Ma'ruf saat itu, Nusron menjelaskan bahwa mereka mau menerima dan akhirnya memutuskan untuk ikut mendukung Ma'ruf. Nantinya, Nusron akan mencoba menggaet dukungan lebih banyak lagi dari pendukung Ahok.

"Nanti Saya akan bekerja lagi pada sayap-sayap yang lain, kan para Ahokers banyak, ada Teman Ahok ada, ini ada itu, ini kita mulai dulu dari Relanu melakukan dukungan kepada Pak Kiai Ma'ruf Amin, itu dulu," ujar Nusron.

Untuk waktunya kapan, Nusron mengaku masih akan mengkoordinasikan kepada para koordinator sayap-sayap relawan pendukung Ahok lainnya.

Baca Juga: Unggah Foto Jokowi-Prabowo Berpelukan, Fifi Lety Ungkit Masa Lalu Ahok

3. Nusron sebut akan pelan-pelan menggaet dukungan Ahokers

Nusron Wahid Konsolidasikan Dukungan Relawan Ahok ke Jokowi-Ma'rufInstagram/@basukibtp

Pernah mengikuti kasus Ahok saat itu, Nusron mengaku memang untuk menyatukan suara mereka dalam mendukung Ma'ruf tidaklah mudah. Nusron memberi tahu bahwa dirinya akan mencoba meyakinkan para pendukung Ahok secara perlahan.

"Nah ini pelan-pelan kita mulai yakinkan dan InsyaAllah pelan-pelan kami mulai cairkan dan kita akan kita buat silaturahmi teman-teman Relanu dengan Pak Ma'ruf, kapan waktunya nanti kita atur kan karena jumlahnya banyak," jelas Ma'ruf.

Baca Juga: Jokowi Dituding Anti Islam, Ma'ruf: Saya Tahu Betul Dia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya