Meninggal di Saudi, Jenazah Paman Jokowi Tiba di Solo Siang Ini

Paman Jokowi meninggal saat sedang umrah

Jakarta, IDN Times - Duka menyelimuti keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu (2/1) kemarin. Sebab, paman Jokowi, Mulyono Herlambang, wafat ketika tengah menunaikan ibadah umrah di Jeddah, Arab Saudi. 

Kakak kandung Ibu Negara, Iriana, Haryanto membenarkan kabar tersebut. Menurut Haryanto, paman Jokowi meninggal sekitar pukul 02:55 WIB  atau 10:55 waktu setempat usai melakukan ibadah umrah. 

"Iya, benar, almarhum Pak Mulyono meninggal pada pukul 02:55 WIB. Beliau sedang menjalankan umrah di sana," tutur Haryanto kepada media pada Kamis kemarin. 

Soal penyebab meninggalnya almarhum, Haryanto mengaku belum bisa memastikan. Namun, berdasarkan informasi yang ia ketahui, almarhum sempat mengalami sesak nafas. 

Lalu, kapan jenazahnya tiba di Indonesia?

1. KJRI Jeddah mempercepat proses pemulangan jenazah

Meninggal di Saudi, Jenazah Paman Jokowi Tiba di Solo Siang Ini(Jenazah paman Jokowi Mulyono Herlambang didoakan oleh Konsul Jenderal di Jeddah) www.facebook.com/kjrijeddah

Begitu mengetahui Paman Jokowi wafat, tim perlindungan bertugas secara paralel untuk mempercepat penyelesaian dokumen izin pemulangan. Dokumen itu dikeluarkan oleh beberapa instansi di Arab Saudi. 

"Pengurusan jenazah di Arab Saudi harus melalui beberapa tahapan, mulai dari tablig wafat (laporan kematian), surat pernyataan persetujuan dari ahli waris atau keluarga jenazah, surat pengantar kepolisian untuk penyerahan jenazah dari rumah sakit, koordinasi dengan magsalah al-amwat (pusat pemandian dan pengkafanan jenazah) dan lain-lain," ujar Konsul Jenderal Indonesia di Saudi, Muhammad Herry Syarifudin melalui keterangan tertulis pada Jumat (4/1). 

Ia bersyukur waktu yang panjang untuk pengurusan dokumen-dokumen itu bisa dipangkas sehingga jenazah dapat dibawa pulang ke Tanah Air sejak Kamis malam. 

Baca Juga: Prabowo-Sandi Gempur Bali, Kubu Jokowi: Ah Biarkan

2. Jenazah paman Jokowi diterbangkan ke Solo dari Saudi pada Kamis malam

Meninggal di Saudi, Jenazah Paman Jokowi Tiba di Solo Siang Ini(Ilustrasi jenazah) IDN Times/Sukma Shakti

Sementara, menurut Herry, jenazah paman Jokowi sudah diterbangkan dari Jeddah sejak Kamis malam kemarin. 

"Kargo peti jenazah dibawa dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 937 yang berangkat pukul 21:30 waktu Saudi di bawah pengawalan Pelaksana Fungsi Konsuler-1, Safaat Ghofur, yang merangkap Koordinator Pelayanan dan Pelindungan Warga KJRI Jeddah," kata dia. 

Rute penerbangan GA973 yakni Jeddah-Banda Aceh, baru kemudian dilanjutkan ke Solo, Jawa Tengah. 

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel pesawat yang membawa jenazah Paman Jokowi akan tiba di Solo sekitar pukul 14:00 WIB. Menantu Mulyono terlihat ikut mendampingi pulang ke Solo. 

Sejauh ini pun, tidak ada kendala dalam hal pemulangan paman Jokowi. Agus menegaskan tidak ada perlakuan khusus apa pun dari Pemerintah Saudi. 

3. Almarhum adalah adik kandung ayah Jokowi

Meninggal di Saudi, Jenazah Paman Jokowi Tiba di Solo Siang IniIDN Times/Panji Galih

Mulyono merupakan adik kandung dari ayah Jokowi yakni Notomiharjo. Rencananya begitu tiba di Solo, jenazah akan diboyong ke Sukoharho. Belum diketahui apakah Jokowi ikut melayat ke rumah pamannya tersebut. 

Baca Juga: Hoaks 7 Kontainer Surat Suara, Kubu Jokowi Siap Ambil Langkah Hukum

Topik:

Berita Terkini Lainnya