Comscore Tracker

Papua Youth Creative Hub yang Segera Dibangun, Apa Saja Isinya? 

Jokowi targetkan akhir 2022, Hub ini sudah bisa beroperasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meletakkan batu pertama pada pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub, pada Sabtu (2/10/2021), di Kota Jayapura, Papua. Jokowi mengatakan pembangunan Papua Youth Creative Hub ditargetkan selesai pada akhir 2022. Adapun biaya pembangunannya disebut mencapai Rp95 miliar.

"Kita harapkan nanti Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di Tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda di Papua dalam memperkuat ekosistem kreatif yang ada," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Lalu, Jokowi juga memamerkan berbagai program dan fasilitas di Papua Youth Creative Hub. Apa saja ya kira-kira?

Baca Juga: Jokowi: Papua Youth Creative Hub Berawal dari Curhat Pemuda di Istana

1. Jokowi paparkan program di Papua Youth Creative Hub hingga fasilitasnya

Papua Youth Creative Hub yang Segera Dibangun, Apa Saja Isinya? Presiden Jokowi meletakkan batu pertama di pembangunan Papua Youth Creative Hub (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga menerangkan, nantinya di Papua Youth Creative Hub ini akan dikembangkan beberapa program mengenai enterpreneurship, mengenai petani-petani millennial, lalu ada juga soal cara membangun ekonomi digital, hingga soal riset dan invoasi. Menurutnya, semua hal itu menjadi masa depan Indonesia.

"Saya kira inilah masa depan kita semuanya, masa depan Indonesia, masa depan Tanah Papua ada di di Papua Creative Hub, yang kita harapkan di akhir 2022 sudah selesai langsung kelembagaannya siap dan kita harapkan dalam waktu yang sangat dekat bisa kita betul-betul lakukan pengembangan SDM di Tanah Papua yang kita cintai," jelasnya.

Orang nomor satu di Indonesia menjelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang disediakan. Mulai dari co-working space, ruang pembelajaran teknologi digital, ruang konten, ruang inovasi-inovasi produk, asrama, hingga fasilitas olahraga.

'Saya kira itu sudah sangat integrated dan kita harapkan betul-betul tempat ini menjadi sebuah fondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa-masa yang akan datang, serta dalam memulai membangun perusahaan-perusahaan startup dari Tanah Papua yang hebat ini," harapnya.

Baca Juga: Pelajaran “Gratis” Jadi Seorang Entrepreneur dari Gary Vaynerchuk 

2. Papua Youth Creative Hub dibangun dengan dua lantai

Papua Youth Creative Hub yang Segera Dibangun, Apa Saja Isinya? Desain Papua Youth Creative Hub (YouTube/Sekretariat Presiden)

Papua Youth Creative Hub ini juga dimotori oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan Papua Youth Creative Hub akan dibangun dua lantai. Lantai pertama terdiri dari lobi, coffee shop, co-working space, perpustakaan, galeri, minimarket, UMKM Store, ruang training, dan ruang ibadah.

Sementara, di lantai dua diperuntukkan untuk conventional hall, kantor sekretariat, ruang seni musik dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, ruang kewirausahaan, dan ruang konseling di bidang kesehatan.

"Di komplek ini juga akan dibangun gedung dormitory untuk pria dan wanita, lapangan olahraga multifungsi baik itu indoor maupun outdoor serta taman," jelas Budi.

3. Bangunan berbentuk bulat menggambarkan keutuhan simbol masyarakat Papua

Papua Youth Creative Hub yang Segera Dibangun, Apa Saja Isinya? Desain Papua Youth Creative Hub (YouTube/Sekretariat Presiden)

Budi juga menyampaikan ada sedikit perubahan konsep desain bangunan. Dia mengaku mendapatkan masukan dari masyarakat Papua agar bangunan berbentuk bulat, sehingga mencirikan keutuhan simbol masyarakat Papua.

"Yang semula berbentuk setengah lingkaran,n menjadi bulat utuh dengan ciri khas menggambarkan masyarakat honai, masyarakat pegunungan dan runcing ciri khas arsitektur masyarakat, sehingga untuk menggambarkan simbol keutuhan masyarakat Papua," ucap Budi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya