Comscore Tracker

PDIP Tutup Pintu Koalisi, AHY: Saya Tak Punya Masalah dengan PDIP

AHY tak permasalahkan soal masalah masa lalu

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan sulit berkoalisi dengan PKS dan Partai Demokrat. Alasannya karena DNA yang dimiliki Partai Demokrat dengan PDIP berbeda.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menanggapi pernyataan tersebut dengan mengatakan politik itu sangat dinamis dan semua hal bisa terjadi. Dia juga menegaskan dirinya tak pernah ada masalah dengan semua partai politik.

"Saya tidak punya masalah dengan partai manapun, termasuk PDIP. Saya sangat menghormati, saya waktu itu bertemu dengan Ibu Megawati misalnya, dengan Ibu Puan Maharani, dan lain-lain. Tentunya semua saya anggap sebagai mitra dalam berdemokrasi," kata AHY dalam wawancara khusus bersama IDN Times, Kamis (17/6/2021).

1. AHY anggap biasa soal masalah masa lalu yang tidak cair

PDIP Tutup Pintu Koalisi, AHY: Saya Tak Punya Masalah dengan PDIPKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Kendati PDIP seperti menutup pintu koalisi dengan Partai Demokrat, AHY menuturkan dalam politik semua bisa terjadi. Namun, terkait koalisi itu memang perlu dilihat lebih jauh seberapa besar kemungkinannya.

"Kalau kami sendiri sebetulnya tidak pernah merasa punya masalah dengan partai-partai lainnya. Saya anggap biasa misalnya ada hubungan di masa lalu yang tidak cair atau bermasalah," ujar AHY.

Baca Juga: AHY: Demokrat Bukan Partai Kerajaan, Saya Dipilih Secara Demokratis

2. AHY sebut politik dinamis, tidak ada yang 'tidak mungkin'

PDIP Tutup Pintu Koalisi, AHY: Saya Tak Punya Masalah dengan PDIPKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Meski begitu, lanjut AHY, pada Pilkada 2020, Partai Demokrat juga banyak berkoalisi dengan PDIP. Namun, untuk waktu yang akan datang, partainya tetap akan mengukur seberapa besar peluang koalisi.

"Politik ini dinamis sekali, semua bisa terjadi, gak pernah bisa kita bayangkan sehingga tidak bisa kita katakan tidak mungkin," ucap AHY.

3. PDIP tutup peluang koalisi dengan Demokrat dan PKS

PDIP Tutup Pintu Koalisi, AHY: Saya Tak Punya Masalah dengan PDIPSekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menutup peluang koalisi bersama Partai Demokrat. Ia mengatakan bahwa partainya tidak memiliki ideologi yang sama dengan Demokrat dan PKS.

"PDIP berbeda dengan PKS karena basis ideologinya berbeda, sehingga sangat sulit untuk melakukan koalisi dengan PKS. Itu saya tegaskan sejak awal," kata Hasto dalam diskusi daring bertajuk 'Membaca Dinamika Partai dan Soliditas Koalisi Menuju 2024' yang digelar Para Syndicate, Jumat (28/5/2021).

Hal senada disampaikan Hasto mengenai peluang partainya berkoalisi dengan Demokrat. Menurutnya PDIP dan Demokrat memiliki DNA yang berbeda.

"Kami tegaskan dari DNA-nya kami berbeda dengan Partai Demokrat. Ini tegas-tegas aja, supaya tidak ada juru nikah yang ingin mempertemukan, karena beda karakternya, naturenya," kata Hasto.

Baca Juga: Ganjar Paling Berpeluang Dipilih Meski Tanpa PDIP, Ini Alasannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya