Prabowo Sebut Ketua Umum PAN Dalang Penurunan Ahok

Ahok masuk penjara karena kasus penistaan agama

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Presiden Prabowo Subianto memberikan sambutan dalam acara pembekalan badan calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) di Grand Paragon, Jakarta, Minggu (16/9). Dalam sambutannya tersebut, Prabowo blak-blakan tentang 'dalang' di balik strategi jatuhnya mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok.

Prabowo menyebut dalang strategi menjatuhkan Ahok adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Ia mengatakan Zulkifli lah yang mempunyai ide dari strategi menurunkan Ahok sebagai petahana.

1. Zulkifli Hasan 'dalang' di balik strategi menurunkan Ahok

Prabowo Sebut Ketua Umum PAN Dalang Penurunan AhokDok. IDN Times/Gerindra

Prabowo mengungkapkan mantan Ketua Umum PAN Amien Rais dan Zulkifli Hasan adalah king maker yang selalu sukses di belakang layar. Ia kemudian memuji Zulkifli dengan menyebut Zulkifli adalah salah satu operator politik yang hebat di Indonesia.

"Pak Zul ini salah satu operator politik hebat di Indonesia. Mungkin Beliau sadar atau tidak, saya banyak curi ilmu dari Beliau, setiap Beliau bicara langsung catat-catat," kata dia.

Prabowo lantas menyebut bagaimana Zulkifli merancang strategi menurunkan Ahok dari gubernur DKI Jakarta.

"Mungkin Beliau (Zulkifli) lupa. Di rumah dinas, Beliau beri strategi, sekarang tidak perlu rapat akbar. Tokoh-tokoh turun ke RT. Habis itu kita kembali ke DPP langsung kita (intruksikan) turun ke RT," kata dia.

Baca Juga: Ijtima Ulama Dukung Prabowo, Ma'ruf: Ulama Besar Dukung Kami

2. Karena strategi Zulkifli, pasukan koalisi memenangkan Anies Baswedan di Pilkada DKI 2017

Prabowo Sebut Ketua Umum PAN Dalang Penurunan AhokDok. IDN Times/Gerindra

Melalui instruksi Zulkifli tersebut lah, akhirnya Prabowo menurunkan pasukan untuk terjun langsung ke rumah-rumah warga. Menurutnya, tidak perlu lagi menggelar rapat akbar yang menguras biaya besar. Hanya dengan terjun ke RT, ia bisa mendapatkan perolehan suara pada Pilkada DKI 2017.

"Gak usah rapat besar karena kita termasuk gak punya duit waktu itu. Rapat akbar duitnya banyak keluar, kumpul, panas-panas, kasihan orang dari desa, paling dia denger kita lima menit," tutur Prabowo.

Atas masukan dari Zulkifli, akhirnya pasukan Prabowo turun ke RT dan mengumpulkan tokoh-tokoh dari provinsi dan kabupaten. "Akhirnya jenderal-jenderal turun, kan coba kalau jenderal di gedung kayak gini biasa. Kalau di kampung kan 'oh ada Letjen datang, oh ada profesor'," ucap dia.

3. Prabowo sebut Zulkifli operator hebat

Prabowo Sebut Ketua Umum PAN Dalang Penurunan AhokDok. IDN Times/Gerindra

Karena strategi Zulkifli itulah, kata Prabowo, koalisinya berhasil menurunkan Ahok dan membuat Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Prabowo kemudian menyebut Zulkifli sebagai operator hebat.

"PAN sebenarnya punya banyak pemimpin yang hebat. Pak Amien Rais sudah tercatat 'Bapaknya Reformasi'. Sekarang orang gampang. Dulu, macem-macem hilang ya, Pak. Tapi jangan lah, banyak TV ini," ujar mantan Danjen Kopassus era Presiden Soeharto itu, bercanda.

Baca Juga: Prabowo Kenang Masa Jaya Militer Saat Orde Baru

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya