Comscore Tracker

Prancis Akan Kirim 3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia

Pengiriman pertama sebanyak 1,3 juta dosis vaksin

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan mendapatkan bantuan 3 juta dosis vaksin COVID-19 dari pemerintah Prancis. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan jenis vaksin yang diberikan oleh Prancis tersebut adalah vaksin AstraZeneca yang berasal dari Inggris.

“Indikasi awal AstraZeneca dan akan dikonfirmasi lebih lanjut dalam waktu dekat,” kata Teuku saat dihubungi IDN Times, Kamis (5/8/2021).

1. Pengiriman pertama sebanyak 1,3 juta dosis vaksin dan dikirim pada akhir Agustus

Prancis Akan Kirim 3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca untuk IndonesiaVaksin Astraszeneca (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan menerima dukungan 3 juta dosis vaksin COVID-19 dari pemerintah Prancis. Dukungan tersebut didapat dari hasil pembicaraannya dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian.

“Pengiriman pertama rencananya di akhir Agustus, sebanyak 1,3 juta dosis,” kata Retno dalam keterangan persnya secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Menlu: Indonesia Akan Terima 3 Juta Dosis Vaksin COVID-19 dari Prancis

2. Menlu apresiasi dukungan pemerintah Prancis

Prancis Akan Kirim 3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca untuk IndonesiaMenteri Luar Negeri, Retno Marsudi (Twitter.com/setkabgoid)

Pengiriman pertama sebanyak 1,3 juta dosis vaksin dari pemerintah Prancis itu akan di lakukan di akhir Agustus. Atas dukungan tersebut, Retno pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Prancis. Sebab, dukungan vaksin ini dapat membantu penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Prancis,” ujar Retno.

3. Hingga 1 Agustus 2021, Indonesia telah menerima 178.357.880 yang terdiri dari bahan baku dan vaksin jadi

Prancis Akan Kirim 3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca untuk IndonesiaVaksinasi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/5/2021). (IDN Times/Herka Yanis).

Berdasarkan catatan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), hingga 1 Agustus 2021, Indonesia telah menerima 178.357.880 dosis vaksin COVID-19 yang terdiri dari 144.700.280 vaksin curah dan 33.657.600 vaksin jadi.

Di antara vaksin itu, sebanyak 19.704.960 dosis diperoleh Indonesia secara gratis dari program berbagi vaksin global COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan aliansi vaksin GAVI.

Indonesia sendiri sampai saat ini telah menyuntikkan 67.761.337 dosis vaksin COVID-19 atau sekitar 24,49 persen dari total populasi Indonesia.

“Insya Allah dengan terus datangnya vaksin dari berbagai sumber ke Indonesia, kita dapat mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat Indonesia, yang pada akhirnya diharapkan dapat menekan penyebaran COVID-19 dan menekan angka hospitalisasi dan kematian,” kata Retno, seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Waduh, Warga di Bekasi Sempat Tak Bisa Vaksin Gegara NIK Dipakai WNA

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya