Satgas COVID-19: Gubernur Anies Sudah Diingatkan soal Ruang ICU Penuh

Doni menjelaskan alasan ruang ICU penuh

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo membeberkan ketersediaan ruang Intensive Care Unit (ICU) di rumah sakit rujukan di DKI Jakarta. Doni juga membenarkan tentang terjadinya peningkatan pemakaian ruang ICU di rumah sakit Jakarta.

Namun, menurut Doni, peningkatan ruang ICU tersebut lantaran rumah sakit memang hanya tersedia kurang dari 10 tempat tidur. Sehingga ruang ICU terisi penuh.

"Memang kalau dilihat datanya di sini yang tadi disampaikan Pak Menko tentang persentase ruang ICU yang mengalami peningkatan, itu betul sekali. Karena rata-rata ruang ICU yang penuh itu hanya diisi oleh satu-delapan bed," kata Doni dalam keterangan pers yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin (14/9/2020).

1. Doni mengaku telah memperingatkan Anies soal peningkatan ruang ICU

Satgas COVID-19: Gubernur Anies Sudah Diingatkan soal Ruang ICU PenuhPemprov DKI Jakarta Tetapkan Kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Rabu (9/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Doni mengaku sejak 23 Juli 2020 sudah memperingatkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang adanya peningkatan bed occupancy rate (BOR) ICU atau kapasitas tempat tidur di ruang ICU.

"Tetapi masih ada 47 rumah sakit COVID-19 lain yang mana ruang ICU-nya masih cukup. Masih cukup longgar. Bahkan, Pak Menkes telah menambah kapasitas ICU untuk hampir 40 rumah sakit rujukan COVID-19, terutama milik pemerintah pusat dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)," kata dia.

Baca Juga: Keterpakaian Ruang Isolasi dan ICU Melonjak Selama Agustus-September

2. Terdapat 20 rumah sakit rujukan dengan jumlah tempat tidur di bawah 10

Satgas COVID-19: Gubernur Anies Sudah Diingatkan soal Ruang ICU PenuhSuasana di rumah sakit Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Doni mengatakan di DKI Jakarta memang terdapat 20 rumah sakit rujukan yang occupancy rate nya mencapai 100 persen. Tapi rata-rata mereka memiliki tempat tidur di ruang ICU dengan jumlah di bawah 10.

"Tapi rata-rata ada yang satu, ada yang dua, dan yang paling tinggi adalah delapan bed saja," ujar dia.

3. Doni mengaku telah memperingatkan Anies soal peningkatan ruang ICU

Satgas COVID-19: Gubernur Anies Sudah Diingatkan soal Ruang ICU PenuhRSUD Koja, Jakarta Utara (Instagram.com/rsudkoja)

Doni mengaku sejak 23 Juli 2020 sudah memperingatkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang adanya peningkatan bed occupancy rate (BOR) ICU atau kapasitas tempat tidur di ruang ICU.

"Tetapi, masih ada 47 rumah sakit COVID-19 lain yang mana ruang ICU-nya masih cukup. Masih cukup longgar. Bahkan, Pak Menkes telah menambah kapasitas ICU untuk hampir 40 rumah sakit rujukan COVID-19, terutama milik pemerintah pusat dan BUMN," kata Doni.

Baca Juga: Menkes Tambah 1.022 Ruang Isolasi dan 138 ICU COVID-19 di Jakarta

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya