Segera Tes Swab COVID-19, Presiden Jokowi Isolasi atau Tidak?

Hari ini jadwal tes kesehatan Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo harus menjalani tes swab atau PCR tes setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Mengapa Jokowi harus tes? Karena pada Kamis, 16 Juli 2020, Purnomo bertemu Jokowi di Istana Presiden, Jakarta.

Terkait apakah Jokowi akan diisolasi atau tidak, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, akan menunggu hasil tes swab Presiden terlebih dahulu.

"Lihat hasil swabnya," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Achmad Purnomo Positif Virus Corona, Wali Kota Solo: Ndak Usah Takut

1. Jokowi suspek atau tidak, Istana menunggu hasil tes swab

Segera Tes Swab COVID-19, Presiden Jokowi Isolasi atau Tidak?Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Terkait Jokowi akan berstatus suspek atau tidak, Heru belum bisa menjawab lebih jauh. Sebab, pihak Istana akan melihat lebih dulu hasil tes swab orang nomor satu di Indonesia itu.

"Kan gini, Wakil Wali Kota (Solo) terkontaminasinya di mana kan tidak tahu, bisa saja setelah dari Istana kan," ujarnya.

2. Hari ini jadwal Jokowi tes kesehatan

Segera Tes Swab COVID-19, Presiden Jokowi Isolasi atau Tidak?Jokowi dalam Rapat Terbatas yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (21/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Dengan adanya kabar bahwa Purnomo positif COVID-19, Heru menuturkan, Presiden Jokowi akan melakukan tes swab atau PCR tes lebih cepat.

"Untuk khusus Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," tuturnya.

Ia mengatakan, Jokowi rutin melakukan tes swab untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Hari ini, lanjut Heru, bertepatan dengan jadwal Jokowi melakukan tes kesehatan.

"Jadwal Bapak Presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," ungkapnya.

3. Purnomo bertemu Jokowi di Jakarta sehari sebelum tes swab

Segera Tes Swab COVID-19, Presiden Jokowi Isolasi atau Tidak?IDN Times/Larasati Rey

Sebelumnya, pada tanggal 16 Juli 2020, Purnomo sempat bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. Purnomo bertemu Jokowi menjelang PDIP mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Solo 2020.

Purnomo menjalani tes swab pertama pada Jumat, 17 Juli 2020, atau sehari setelah ia bertemu dengan Jokowi di Jakarta. Lalu sehari kemudian atau pada Sabtu, 18 Juli 2020, dia mengikuti tes PCR lagi atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta. Hari ini, Purnomo pun dinyatakan positif setelah melakukan dua kali tes swab.

Baca Juga: Sebelum Positif Corona, Purnomo Bertemu Jokowi dan Rapat dengan OJK

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya