Sidak ke Johar Baru, Jokowi: Saya Ingin Memastikan Penyaluran Bansos

Jokowi sebut pendistribusian berjalan lancar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau proses pendistribusian sembako tahap ke-3 kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5). Jokowi ingin memastikan bansos tersalurkan dengan benar.

"Pagi ini saya ingin memastikan penyaluran sembako khususnya di Jabodetabek," kata Jokowi di lokasi.

1. Jokowi menyebut pendistribusian sembako dari tahap satu hingga tiga sudah diterima

Sidak ke Johar Baru, Jokowi: Saya Ingin Memastikan Penyaluran BansosDok. Biro Pers Kepresidenan

Usai meninjau ke lokasi, Jokowi yang didampingi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bahwa pendistribusian bansos tahap satu hingga tiga berjalan lancar.

"Tadi saya melihat masyarakat sudah menerima bantuan satu sudah menerima, ke-2 sudah menerima, kemarin serta hari ini bantuan ke-3 sudah diterima," ujar Jokowi.

2. Jokowi berharap pendistribusian sembako bisa berjalan lebih cepat

Sidak ke Johar Baru, Jokowi: Saya Ingin Memastikan Penyaluran BansosDok. Biro Pers Kepresidenan

Melihat penyaluran bansos berupa sembako itu berjalan dengan baik, Jokowi berharap ke depannya pendistribusian bisa semakin cepat. Bansos tahap ketiga tersebut mulai disalurkan sejak Minggu (17/5) kemarin hingga hari ini.

"Kita harapkan menjadi cepat dan lebih lancar lagi," ucap Jokowi.

3. Jokowi targetkan bansos jangkau 55 persen penduduk

Sidak ke Johar Baru, Jokowi: Saya Ingin Memastikan Penyaluran BansosDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi sebelumnya juga meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di kantor Pos Kota Bogor. Usai peninjauan, Jokowi menargetkan bansos akan menjangkau kurang lebih 55 persen penduduk yang terdampak virus corona atau COVID-19.

Jokowi mengatakan, program bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah kepada masyarakat memang bervariasi. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa.

"Banyak sekali, sehingga kita harap bisa jangkau kurang lebih 55 persen dari penduduk kita, baik itu yang kurang mampu maupun terkena dampak pandemik COVID-19," kata Jokowi dalam keterangan pers di kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Baca Juga: Saldo Kartu Sembako Rp2, Mbah Muyek Gagal Bawa Pulang Sembako

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya