Comscore Tracker

Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019

Siti bertekad menduniakan gagasan RA Kartini

Jakarta, IDN Times - IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada tanggal 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.  IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di tanah air ini akan dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millenial, salah satunya Siti Ruhaini Dzuhayatin.

Masyakarat umum mungkin banyak yang belum mengetahui siapa sosok perempuan yang satu ini. Siti kini berprofesi sebagai staf presiden yang membidangi keagamaan.

Lalu seperti apa rekam jejak Siti hingga akhirnya dirinya diangkat menjad staf presiden?

1. Siti mengenyam pendidikan hingga S-3

Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019Unsplash/Good Free Photos

Siti lahir di Blora, 17 Mei 1963. Wanita berusia 55 tahun rupanya cukup kenyang mengenyam pendidikan tinggi. Di tahun 1988, Siti menuntut ilmu pendidikan sarjananya di IAIN Sunan Kalijaga.

Tidak puas sampai di situ, Siti kembali melanjutkan di Pascasarjana Universitas Monash pada tahun 1993. Tak berhenti sampai di situ, Siti kemudian melanjutkan pendidikan S-3 nya di Universitas Gajah Mada pada tahun 2011.

2. Siti pernah menjabat sebagai Komisioner HAM Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)

Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019IDN Times

Sosok Siti mungkin memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat awam. Namun, di kalangan aktivis HAM, namanya sudah tidak asing lagi. Sebelum menjadi staf presiden, Siti menjabat sebagai Komisioner HAM Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau OIC Independent Permanent Human Rights Commission’s (IPHRC), untuk periode 2014-2018. Dan Siti menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan posisi tersebut.

Keprihatinannya pada kenyataan bahwa masih banyak perempuan yang mengalami kekerasan fisik dan mental, membuat Siti bertekad menduniakan gagasan RA Kartini. Dia menilai, pandangan Kartini masih sangat relevan di negara-negara Islam anggota OKI.

3. Siti pernah menjadi dosen dan wakil rektor III di UIN Sunan Kalijaga

Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019Instagram/uinsk

Selain pernah menjadi Komisioner HAM Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Siti juga pernah menjadi dosen di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak hanya itu, Siti juga menjabat sebagai Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta 2015-2019.

Baca Juga: [WAWANCARA EKSKLUSIF] Tantangan Ivy, Jadi Dosen Muda di Era Millennial

4. Tahun 2018, Siti diangkat Jokowi sebagai Staf Khusus Presiden bidang Keagamaan Internasional

Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Prestasinya tak hanya berhenti di situ. Di tahun 2018, Siti diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Staf Khusus Presiden bidang Keagamaan Internasional. Dan pada 14 Mei 2018, Siti sudah mulai bekerja sebagai staf presiden.

Siti menjadi staf khusus presiden bersama tiga orang lainnya, yakni Adita Irawati (bidang komunikasi kementerian dan lembaga), Gus Rozin (bidang keagamaan dalam negeri), dan Ahmad Erani Yustika (bidang kebijakan sektor ekonomi).

Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019(Poster Indonesia Millennials Summit) Istimewa

Dalam IMS 2019, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019.  Survei ini dikerjakan bersama oleh IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center. 

Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami ya.

Kamu tertarik juga ingin ikut berpartisipasi dalam IMS 2019? Klik situs ims.idntimes.com untuk mendapatkan tiketnya. Buruan, tiket terbatas!

Baca Juga: Anak Band Jadi Dosen ITB? Bisa Banget, Kenalin Nih Dina Dellyana

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You