Sowan ke Rumah Wapres, Prabowo-Sandiaga Dapat Wejangan Politik

Prabowo-Sandiaga meminta doa restu pada JK

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendatangi kediaman dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu malam (15/8).

Prabowo yang mengenakan kemeja putih itu tiba pukul 20.44 WIB dengan mengendarai mobil berwarna putih. Prabowo didampingi Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Sepuluh menit kemudian, bakal calon wapres Sandiaga Uno tiba di tempat yang sama, dengan mengenakan kemeja biru muda dan berpeci.

Juru Bicara Wapres Husain Abdullah mengatakan pertemuan tersebut untuk bersilaturahmi. "Mungkin karena Pak JK kan politikus senior, jadi sowan saja," kata Husain, seperti dilansir kantor berita Antara.

Lantas bagaimana hasil pertemuan tersebut? 

1. Prabowo dan JK saling tukar pendapat

Sowan ke Rumah Wapres, Prabowo-Sandiaga Dapat Wejangan PolitikIDN Times/Irfan

Prabowo mengaku bersyukur dapat bertemu dengan JK dan saling tukar pendapat. Mantan Danjen Kopassus itu mengaku bersaing dalam dunia politik, tetapi secara personal memiliki hubungan yang baik.

"Malam hari ini mendapat kehormatan diterima oleh Bapak Wakil Presiden Indonesia, Bapak Jusuf Kalla yang merupakan senior saya, dan saya memiliki hubungan yang sangat baik, sangat kekeluargaan, cukup lama Pak ya kita sama saling tukar-menukar pandangan, selalu kadang-kadang kita berada di tempat yang bersaing sebagai rival," ujar Prabowo seraya menoleh ke arah JK di sampingnya, Rabu malam (15/8). 

"Sudah dua kali kita bersaing," timpal JK, sambil tertawa.

Menurut Prabowo, politik dan demokrasi yang baik adalah bersaing terbuka di dunia politik tetapi hubungan secara pribadi tetap terjalin baik.

"Itulah politik yang baik, demokrasi yang baik bersaing, berkompetisi dengan keras tapi tetap bersahabat, tetap dalam suasana kekeluargaan, tetap bersama-sama anak bangsa, anak bangsa Indonesia punya sama-sama tanggung jawab," ujar dia. 

Baca Juga: Prabowo Temui JK di Kediaman Wapres Malam Ini

2. Prabowo dan Sandiaga meminta doa restu JK

Sowan ke Rumah Wapres, Prabowo-Sandiaga Dapat Wejangan PolitikANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Prabowo menjelaskan pertemuan dengan JK pada dasarnya hanya silaturahmi biasa seperti adat ketimuran, serta meminta doa restu kepada yang dituakan menjelang Pilpres 2019.

"Jadi hari ini saya dan Pak Sandiaga Uno yang sudah mendaftar menjadi calom presiden dan calon wakil presiden dalam pemilihan yang akan datang, sesuai adat dan istiadat kita bangsa Indonesia, yang muda dateng kepada yang lebih senior untuk sowan, untuk mohon restu kita akan melaksanakan suatu pekerjaan untuk rakyat kita," kata dia.

3. Prabowo-Sandiaga juga akan berkunjung ke Presiden Jokowi

Sowan ke Rumah Wapres, Prabowo-Sandiaga Dapat Wejangan PolitikANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Selain bertemu JK, Prabowo mengaku, akan bertemu Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Meski pada Pilpres 2019 akan bersaing, namun ia berusaha membangun demokrasi yang lebih dewasa. 

"Jadi demikian saya juga pada saatnya kita juga akan minta waktu ke Pak Jokowi, kita tetap ingin melaksanakan demokrasi yang dewasa, yang baik, yang santun, supaya demokrasi kita kelihatan sangat matang, dewasa dan sebagainya," kata dia.

Prabowo pun rencananya akan bertemu Jokowi setelah 17 Agustus mendatang.

4. Saran JK untuk Prabowo dan Sandiaga

Sowan ke Rumah Wapres, Prabowo-Sandiaga Dapat Wejangan PolitikDokpri

JK menegaskan dalam pertemuan dengan Prabowo dan Sandiaga, dirinya menyarankan agar dapat membangun demokrasi yang lebih dewasa. Dia mengingatkan kepada keduanya, jangan sampai persaingan lima tahun merusak pertemanan yang sudah terjalin selama puluhan tahun. 

"Ini kan politik seperti yang dikatakan Pak Prabowo tadi. Kita itu hanya bersaing melalui pemilihan lima tahun. Tapi persahabatan puluhan tahun. Jadi tidak boleh putus hanya karena lima tahun. Jadi tadi kita berbicara tentang bagaimana pemilu yang baik, yang jujur, yang adil dan demokratis," ujar JK. 

Sebagai wapres, JK mencotohkan, dirinya harus dapat mengayomi kepada semua pihak meskipun secara pilihan politik berbeda. Menurut JK itulah kedewasaan dalam berdemokrasi.

"Saya nih sebagai Wapres, di semua pihak, tidak bisa berpihak. Sebagai politisi bisa saja kita berpihak. Tapi sebagai Wapres kita harus menjalin hubungan dengan seluruh elemen bangsa," kata dia. 

JK juga tidak merasa di posisi terdesak, karena di satu sisi dia sebagai politikus yang partainya berkoalisi dengan Jokowi-Ma'ruf Amin, tetapi di sisi lainnya dia sebagai wapres yang harus menggandeng semua pihak.  

"Oh tidak, tidak. Saya bilang dua kali bersaing tapi tetap bersahabat. Apalagi Sandi lebih junior dari saya," ujar JK, tertawa.

 

Terkait adanya penawaran sebagai tim pemenangan Prabowo-Sandiaga, JK membantahnya. "Gak, terlalu senior," ujar Kalla seraya tertawa.

Semoga saja wejangan dan nasihat JK ini bisa diterapkan ya guys, agar Pilpres 2019 berjalan lancar dan damai.

Baca Juga: Prabowo Jadwalkan Pertemuan Lanjutan dengan PBNU

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya