Tak Punya Calon, PKS Abstain di Pilkada Solo

PKS tak takut eksistensinya berkurang

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Tim Pemenangan Pilkada 2020 DPP PKS, Almuzammil Yusuf, mengatakan partainya memutuskan abstain dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Solo 2020.

"Ya, PKS abstain di Pilkada Solo," kata Almuzammil seperti dikutip ANTARA, Minggu (30/8/2020).

1. PKS tak miliki calon untuk kontestasi Pilkada Solo

Tak Punya Calon, PKS Abstain di Pilkada SoloPenyerahan surat rekomendasi dari PKS kepada Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin, Senin, (6/72020). Dok.IDN Times Istimewa

Almuzammil mengatakan PKS tidak memiliki calon yang akan diajukan dalam kontestasi di Pilkada Solo. Menurut dia, keputusan abstain itu merupakan aspirasi dari akar rumput partai, khususnya DPD PKS Solo yang mengetahui secara pasti karakteristik politik di wilayah tersebut.

"Itu (abstain di Pilkada Solo) merupakan aspirasi DPD PKS Solo. DPP PKS menghormati aspirasi mereka," ungkap dia.

2. PKS tak khawatir jika eksistensi terganggu setelah memutuskan abstain

Tak Punya Calon, PKS Abstain di Pilkada SoloPreskon Sengketa Natuna dan Kebijakan Kelautan. (IDN Times/Indiana Malia)

Almuzammil yang juga menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI itu mengaku tidak khawatir kalau eksistensi PKS terganggu setelah memutuskan untuk abstain di Pilkada Solo 2020.

"Dalam sebuah negara demokrasi dan negara hukum, semua partai dapat mengambil sikap masing-masing yang dianggapnya terbaik," ucap Almuzammil.

3. PKS targetkan 60 persen kemenangan di Pilkada 2020

Tak Punya Calon, PKS Abstain di Pilkada SoloPresiden PKS Sohibul Iman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Almuzammil Yusuf mengatakan partainya menargetkan 60 persen kemenangan di 230 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Hal itu diungkapnnya dalam Rakornas Pilkada 2020 yang diikuti secara virtual oleh seluruh calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung dan didukung PKS.

"Berdasarkan hasil rapat koordinasi nasional, PKS siap meraih target kemenangan 60 persen dalam Pilkada serentak yang dilaksanakan di 270 kabupaten/kota dan provinsi," kata Muzammil dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Muzammil mengatakan dari 270 daerah tersebut, PKS akan berpartisipasi di 230 Pilkada dengan 215 daerah PKS memiliki kursi dan 15 daerah tidak memiliki kursi di DPRD.

Dia menjelaskan dari 215 daerah itu, sebanyak 213 daerah PKS menyatakan siap berpartisipasi dan berjuang, sedangkan 2 daerah, partainya menyatakan abstain.

Baca Juga: PKS Dukung Deklarasi KAMI, Katanya Biar Ada Penyeimbang Demokrasi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya