Comscore Tracker

Taruna Akmil Enzo Disebut Terpapar HTI, Ini Respons Ryamizard

Tentara terpapar khilafah disebut pengkhianat

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menanggapi viralnya berita tentang Taruna Akademi Militer (Akmil) turunan Prancis-Indonesia, Enzo Zenz Elli, yang disebut menjadi simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Kabar tersebut  beredar di media sosial.

Ryamizard mengatakan, harus dilakukan penelitian khusus atau litsus untuk mengetahui siapa saja tentara yang terpapar HTI. Ia mengaku tak mentolerir hal tersebut, jika memang ada yang terpapar paham khilafah, maka harus segera dipecat.

Baca Juga: Viral, Enzo Pria Keturunan Prancis Lolos Calon Prajurit Taruna TNI

1. Ryamizard usulkan diadakan litsus untuk menyaring tentara yang terpapar khilafah

Taruna Akmil Enzo Disebut Terpapar HTI, Ini Respons RyamizardIDN Times/Tunggul Kumoro

Menurut Ryamizard, litsus (kata yang terkenal saat zaman Orde Baru yang merupakan instrumen untuk menyaring orang-orang bebas dari pengaruh komunis dan PKI), dibutuhkan saat ini untuk menyaring tentara-tentara yang kemungkinan terpapar khilafah dan tidak berideologi Pancasila.

"Sekarang kita litsus harus. Semua. Waktu Orba (Orde Baru) kan ada, sekarang orang banyak yang begini-begini, jadi begini. Gak boleh, harus dilitsus, terutama litsusnya adalah masalah Pancasila. Pancasila apa tidak? Tentara itu menjalankan Pancasila," kata Ryamizard, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/8).

2. Bila benar Enzo simpatisan HTI, Ryamizard akan memberhentikannya

Taruna Akmil Enzo Disebut Terpapar HTI, Ini Respons RyamizardInstagram/tni_angkatan_darat

Tentang kabar Enzo yang disebut simpatisan HTI, Ryamizard menyampaikan, bila memang benar kabar itu, maka ia akan memberhentikan Enzo. Dia mengaku tak menolerir ada tentara yang terpapar paham khilafah.

"Kalau benar, saya suruh berhentiin. Gak ada urusan. Saya cari-cari dari Sabang sampai Merauke, sekarang di depan mata saya, gak ada urusan," ujar dia.

3. Tentara yang khilafah harus dipecat

Taruna Akmil Enzo Disebut Terpapar HTI, Ini Respons RyamizardIDN Times/Galih Persiana

Menurutnya, jika memang ada tentara yang terpapar paham khilafah, maka mereka dianggap sebagai pengkhianat. Ia menegaskan bahwa mereka harus dipecat.

"Pecat aja. Kalau tidak dukung Pancasila, kok mau jadi tentara. Itu namanya pengkhianat. Saya gak suka pengkhianat," terang dia.

4. Enzo disebut simpatisan HTI

Taruna Akmil Enzo Disebut Terpapar HTI, Ini Respons RyamizardInstagram/tni_angakatan_darat

Sebelumnya, informasi soal sosok Enzo Zenz Ellie beredar lewat akun Facebook seseorang bernama Salman Faris. Ia mencari tahu sosok Enzo lewat akun media sosial taruna Akmil itu.

"Penasaran dengan sosok Enzo Ellie. Remaja blasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI. Iseng nyari akun FB-nya, wah ngeri-ngeri sedap juga rupanya. Anak ini bersama ibunya yang bernama Hadiati Basjuni Ellie terindikasi kuat sebagai simpatisan HTI. Pendukung khilafah dan anti pemerintah. Kalau ayahnya sendiri yang berkebangsaan Prancis, menurut informasi telah wafat. Bukan apa-apa, sekedar kewaspadaan saja. Jangan sampai TNI memelihara anak ular," demikian tulisan unggahan Salman.

Baca Juga: Ini Pernyataan Resmi Hizbut Tahrir Indonesia Pasca Status Badan Hukum Dicabut

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya