Comscore Tracker

Tes Virus Corona Harus Atas Permintaan Dokter, Bukan Pribadi

Jadi gak bisa ujug-ujug minta tes sendiri ke rumah sakit ya

Jakarta, IDN Times - Juru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, menegaskan bahwa masyarakat tidak bisa semaunya sendiri meminta untuk dilakukan tes virus corona atau COVID-19. Yuri mengatakan, swab atau tes virus corona hanya boleh dilakukan atas permintaan dokter.

"Pemeriksaan swab harus ada indikasi dan harus atas permintaan dokter. Tidak bisa masing-masing meminta diperiksa sendiri," kata Yuri di Gedung BNPB, Selasa (17/3).

Menurut Yuri, kepanikan yang ada di masyarakat saat ini semakin berkurang. Ia mengatakan, masyarakat sudah mulai waspada dan mengikuti protokol dari pemerintah.

"Ini harapan yang kami bisa dapat sehingga secara sinergi bersama unsur kesehatan di daerah bisa bersama-sama kendalikan ini. Alhamdulillah sekarang sudah lebih tertata," Yuri menuturkan.

Ia pun berharap, dalam menghadapi virus corona yang penyebarannya semakin masif di Indonesia, masyarakat tak lagi panik. Namun, tetap melakukan apa yang pemerintah imbau.

"Kita harus patuhi arahan pemerintah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah. Ini maknanya untuk kurangi kejadian kontak orang di kerumunan dan di tempat umum. Di sinilah kerawanan terjadi," kata Yuri

Baca Juga: Pengalaman Tes Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso, Begini Alurnya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya