Comscore Tracker

Tiba di Istana Bogor, PM Jepang Dapat Sambutan Hangat Jokowi

Hujan juga turut menyambut kedatangan PM Jepang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10/2020). Pertemuan kedua kepala negara tersebut bertepatan dengan aksi unjuk rasa mahasiswa dan para buruh di kawasan Istana Negara, dalam rangka penolakan Omnibus Law Cipta Kerja.

Disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, PM Jepang Suga terlihat tiba di Istana Bogor sekitar pukul 16.00 WIB. Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi, sudah terlihat menyambut Suga di depan Istana.

Baca Juga: PM Jepang Yoshihide Suga Tiba di Indonesia Besok, Ini Agendanya

1. Jokowi sambut Suga dengan salam namaste

Tiba di Istana Bogor, PM Jepang Dapat Sambutan Hangat JokowiUpacara Penyambutan Resmi Perdana Menteri Jepang, Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Tidak hanya disambut Jokowi dan Iriana, kedatangan Suga juga disambut hujan ketika tiba di Istana Bogor. Ia kemudian keluar dari mobil khusus untuk tamu negara dan langsung disambut hangat Jokowi.

Karena pandemik COVID-19 yang masih melanda, Jokowi pun menyapa Suga dengan salam namaste dan tidak berjabat tangan. Keduanya, juga terlihat mengenakan masker di wajah mereka. Suga dan sang istri juga disambut dengan upacara penyambutan tamu negara yang dimulai dengan 17 dentuman meriam.

2. Jokowi memperkenalkan sejumlah menteri kabinet kepada Suga

Tiba di Istana Bogor, PM Jepang Dapat Sambutan Hangat JokowiJokowi sambut PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor (YouTube/Sekretariat Presiden)

Setelah upacara penyambutan, Jokowi langsung mengajak Suga masuk ke dalam Istana. Agenda selanjutnya yaitu penandatanganan buku tamu yang dilakukan Suga dan sang istri.

Sebelum mengisi buku tamu, Jokowi terlihat menyapa para delegasi yang ikut bersama Suga hari ini. Tak lupa, dia juga memperkenalkan sejumlah menteri kabinet yang ikut menyambut kedatangan Suga.

Para menteri kabinet tersebut antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

3. Jokowi dan Suga berbincang-bincang di veranda Istana

Tiba di Istana Bogor, PM Jepang Dapat Sambutan Hangat JokowiJokowi sambut PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jokowi dan Suga sempat berjalan menuju belakang Istana. Keduanya tampak berbincang-bincang. Jokowi menunjuk ke arah sekitar Istana dan menjelaskan sesuatu kepada orang nomor satu di Negeri Sakura itu.

Setelah itu, Jokowi dan Suga kembali masuk ke dalam Istana.

Baca Juga: Setahun Jadi Presiden, Jokowi akan Bertemu PM Jepang di Istana Bogor

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya