TKN: Jokowi-Ma'ruf Memenangkan Pilpres 2019 di Luar Negeri

Pemilih di luar negeri disebut mengikuti berita dalam negeri

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengklaim bahwa pasangan nomor urut 01, Jokowi dan Ma'ruf Amin, telah memenangkan Pilpres 2019 di luar negeri. Hal itu disampaikan oleh Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edy, di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Lukman mengatakan bahwa hampir di setiap negara perolehan suara Jokowi-Ma'ruf lebih unggul dibandingkan Prabowo-Sandiaga.

1. Data yang masuk ke TKN sebesar 57,2 persen

TKN: Jokowi-Ma'ruf Memenangkan Pilpres 2019 di Luar NegeriIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lukman mengungkapkan, posisi data yang masuk di data real count TKN saat ini sebesar 57,2 persen. Namun, TKN masih menunggu beberapa negara yang belum mencapai 100 persen penghitungannya.

"Masih menunggu beberapa data lagi dari Malaysia dan Hong Kong untuk sampai 100 persen. Kami menang di 72,94 persen, sementara Pak Prabowo-Sandi di 27,06 persen," ujar Lukman di Gran Melia, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Baca Juga: TKN Klaim Jokowi-Ma'ruf Menang Telak di Jawa Tengah

2. Jokowi-Ma'ruf kalah di Mesir dan Suriah

TKN: Jokowi-Ma'ruf Memenangkan Pilpres 2019 di Luar NegeriANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Lukman pun mengklaim bahwa suara Jokowi hampir menang di semua negara. Namun, ada beberapa negara yang memang lebih unggul pasangan Prabowo-Sandiaga dibanding Jokowi-Ma'ruf.

"Kecuali di Mesir, kecuali di Suriah, dan sementara negara lain kita menang semua. Kita menang besar di Amerika, kita menang besar di Eropa, kita menang besar di Jepang," terang Lukman.

Ia menjelaskan, TKN masih menunggu data yang masuk dari Malaysia dan Hong Kong.

"Yang di Malaysia belum sepenuhnya angka masuk karena ada beberapa angka yang bermasalah, kita masih menunggu angka 100 persen dari Malaysia seperti apa. Tapi secara total, kita menang 72 persen," jelasnya.

3. TKN: Pemilu di luar negeri perlu diambil poinnya

TKN: Jokowi-Ma'ruf Memenangkan Pilpres 2019 di Luar NegeriIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Lukman, nantinya jika data yang sudah masuk sebesar 100 persen, maka Erick Thohir yang akan mendeklarasikan kemenangan. Ia menyampaikan, kemenangan di luar negeri juga perlu diambil poinnya.

"Karena para perantau di luar negeri pasti terus memantau perkembangan dari luar negeri, termasuk berbagai macam informasi hoaks yang beredar selama masa kampanye, akhirnya mereka menentukan pemikirannya untuk memilih Jokowi-Ma'ruf," ucap dia.

4. Real count TKN: Jokowi-Ma'ruf unggul dari Prabowo-Sandiaga

TKN: Jokowi-Ma'ruf Memenangkan Pilpres 2019 di Luar NegeriANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sebelumnya, Lukman juga sudah merilis data real count di internal TKN saat ini. Menurut dia, data real count yang sudah masuk sekitar 40 persen. Lukman menjelaskan, untuk real count yang dilakukan oleh internal TKN, pasangan Jokowi-Ma'ruf lebih unggul dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Tentang posisi real count kami hari ini sudah masuk 40,6 persen, di posisi 57,41 persen untuk pasangan 01, melawan 42,59 persen (Prabowo-Sandiaga), artinya sudah masuk 35 juta suara untuk 01, dan 26 juta suara buat Pak Prabowo," kata Lukman di Gran Melia, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Baca Juga: Real Count TKN: Jokowi-Ma'ruf 56,3 Persen, Prabowo-Sandiaga 43,7 Persen

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya