Ketua BPK: Supreme Audit Institutions Penting untuk Percepat SDGs

Ini tiga poin pentingnya

Jakarta, IDN Times - Ketua Badan Pemerika Keuangan (BPK), Isma Yatun, menekankan pentingnya peran Supreme Audit Institutions (SAI). Hal tersebut demi mempercepat Tujuan Pembangunan atau Sustainable Development Goals (SDG).

"Saya ingin menegaskan kembali peran penting SAI dalam mendukung percepatan pencapaian SDG. Hal ini terlihat melalui fungsinya memastikan pelaporan yang andal dalam implementasi SDG, memberikan penilaian yang objektif, dan mengidentifikasi area untuk perbaikan," kata Isma dalam keterangan resminya.

1. SAI bisa wujudkan keberhasilan SDG

Ketua BPK: Supreme Audit Institutions Penting untuk Percepat SDGsIsma Yatun di High-Level Event pada peluncuran SDG Report 2023 Special Edition di markas besar PBB New York, Senin (10/7). (Dok. BPK).

Isma menyebutkan tiga poin pentingnya. Pertama, melalui audit independen, SAI bisa bertindak sebagai katalisator yang akuntabilitas dan transparan. Hal tersebut dikatakan efektif dalam mewujudkan keberhasilan SDG.

"Melalui audit independen, SAI bertindak sebagai katalisator untuk akuntabilitas dan transparansi, mendorong penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien untuk mewujudkan keberhasilan SDG," ujar Isma.

Baca Juga: Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Raih Opini WTP dari BPK

2. Harus maksimalkan potensi transformasi digital

Ketua BPK: Supreme Audit Institutions Penting untuk Percepat SDGsGedung BPK RI. (IDN Times/Rochmanudin)

Poin kedua adalah kerangka akuntabilitas dan data yang sesuai untuk SDG. SDG membutuhkan sistem pelaporan yang terstandarisasi, terintegrasi dan efisien dalam memaksimalkan potensi dari transformasi digital.

"Sangat penting untuk memiliki kerangka akuntabilitas dan data yang sesuai. Diperlukan juga suatu sistem peaporan yang terstandarisasi, terintegrasi dan efisien," ujar Isma.

Baca Juga: Jadi Temuan BPK, AMNT Akui Belum Setor Dana Bagi Hasil Tambang   

3. Harus bermanfaat buat masyarakat

Ketua BPK: Supreme Audit Institutions Penting untuk Percepat SDGsKetua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun (IDN Times/Aryodamar)

Yang terakhir, SDG ini diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Poin ketiga, menciptakan ekosistem dampak untuk mempertahankan nilai dan manfaat untuk mesyarakat," ujar Isma.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya