5 RT dan 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Banjir Imbas Hujan Deras

Pos Pantau Pesanggrahan meningkat statusnya menjadi Siaga 3

Jakarta, IDN Times - Akibat hujan deras yang turun di DKI Jakarta dan sekitarnya, Rabu (3/4/2024), Pos Pantau Pesanggrahan meningkat statusnya menjadi Siaga 3 (Waspada), sementara Pos Pantau Sunter Hulu naik menjadi Siaga 2 (Siaga).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, saat ini terdapat genangan air di lima RT atau 0,016 persen dari 30.772 RT dan empat jalur jalan di DKI Jakarta.

“BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat, untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” tulis BPBD DKI Jakarta, dalam keterangannya, Rabu (3/4/2024).

Di wilayah Jakarta Selatan, terdapat empat RT yang terdampak genangan akibat hujan deras dan luapan sungai. Dua RT berada di Kelurahan Lebak Bulus dengan ketinggian air mencapai 30 hingga 40 cm, sedangkan dua RT lainnya berada di Kelurahan Cilandak Timur dengan ketinggian air mencapai 140 hingga 160 cm.

Sementara, di Jakarta Timur, satu RT di Kelurahan Baru juga mengalami genangan dengan ketinggian air mencapai 50 cm, disebabkan oleh hujan tinggi dan luapan sungai Cijantung.

Selain genangan di permukiman, terdapat juga empat ruas jalan yang tergenang di berbagai wilayah, antara lain Jalan Harun Raya dan Jalan Daud Raya di Jakarta Barat, serta Jalan Ciledug Raya dan Jalan Raya Mabes Hankam di Jakarta Selatan, dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 10 hingga 90 cm.

“BPBD DKI Jakarta sedang mengawasi kondisi genangan di setiap wilayah dan berkoordinasi dengan Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk menyedot air dan memastikan saluran air berfungsi dengan baik, bekerja sama dengan lurah dan camat setempat. Genangan diharapkan dapat surut dengan cepat,” terang BPBD DKI.

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap genangan air yang terjadi di berbagai wilayah. Dalam hal terjadi keadaan darurat, BPBD menyarankan agar segera menghubungi nomor telepon 112 yang tersedia selama 24 jam non-stop dan gratis.

Baca Juga: BMKG Terapkan Modifikasi Cuaca di Daerah Rawan Banjir Jelang Lebaran

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya