Comscore Tracker

Anies: Jakarta E-Prix Adalah yang Terbaik dalam Sejarah Formula E

Formula E Jakarta tuai pujian

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bangga karena Jakarta E-Prix 2022 menjadi yang terbaik, sepanjang sejarah ajang Formula E yang sudah digelar sebanyak delapan kali.

"Alhamdulillah event berjalan dengan lancar, sukses. Bahkan dalam catatan Formula E disebutkan bahwa Jakarta E-Prix kemarin adalah yang terbaik dalam delapan tahun sejarah Formula E," katanya kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Survei INDEF soal Formula E Jakarta: Millennials Puas

1. Lintasan balap Formula E tuai pujian

Anies: Jakarta E-Prix Adalah yang Terbaik dalam Sejarah Formula EFoto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Anies menjelaskan ajang Formula E Jakarta merupakan yang terbaik disampaikan Co-Founder Formula E, Alberto Longo. Ada sejumlah faktor yang melatarbelakanginya.

"Dia menyebut kalau bisa melihat, satu dari eksposur, kedua adalah track-nya sendiri, dan penyelenggaraannya sendiri yang merupakan salah satu track yang para pembalapnya menyampaikan, mereka sangat hormat atas hasil yang kita miliki. Bisa dibilang tidak ada keluhan. Lalu eksposur media yang sangat tinggi, baik domestik maupun internasional," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Organizing Committee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni. Dia mengatakan kesuksesan Formula E tak terlepas dari sirkuitnya, ditambah banyaknya jumlah penonton.

"Di dunia, pertama kali, delapan Formula E, adalah ini yang pertama penontonnya terbanyak, baik dari penonton streaming maupun secara fisik penontonnya ada," ujar politikus Partai NasDem itu.

Sahroni juga menyebut pembalap yang ikut ajang Formula E Jakarta pun mengatakan, sirkuit di Jakarta adalah yang terbaik dalam pelaksanaan Formula E selama delapan tahun. 

"Dia tidak komplain masalah aspalnya, tidak komplain masalah lain, tapi sirkuitnya benar-benar menjadikan balapan sangat menarik," ujar dia.

2. Studi INDEF memperkirakan dampak ekonomi Formula E mencapai Rp2,6 triliun

Anies: Jakarta E-Prix Adalah yang Terbaik dalam Sejarah Formula EAntusiasme penonton saat menonton Formula E pada Sabtu (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Anies mengatakan ajang Formula E Jakarta juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Studi yang dilakukan INDEF menunjukkan dampak ekonominya mencapai Rp2,6 triliun.

"Ini adalah angka yang cukup tinggi dan ikut meningkatkan pertumbuhan PDB di Jakarta sebesar 0,1 persen," tuturnya.

Data menunjukkan 45 persen pengunjung ajang Formula E adalah milenial. Artinya, lanjut Anies, Jakarta E-Prix sangat efektif dalam memperkenalkan pola pikir baru kepada generasi mendatang, terutama terkait kegiatan yang ramah lingkungan dan ekonomi berkelanjutan.

"Kemudian juga kita melihat bahwa data 42 persen, pengunjung menyatakan tertarik dari bagian sustainable city," klaim Anies.

Lebih lanjut, kata Anies, sebanyak 92 persen mengatakan sangat puas dan puas dengan pelaksanaan E-Prix. Angka yang menurut Anies sangat baik. Pihaknya pun bersyukur dan yakin hal itu menjadi bekal yang baik untuk penyelenggaraan pada waktu-waktu mendatang.

3. Keberhasilan ajang Formula E angkat nama Indonesia

Anies: Jakarta E-Prix Adalah yang Terbaik dalam Sejarah Formula EPotret Jakarta International Circuit jelang Formula E 2022. (IDN Times/Fauzan)

Anies juga mengklaim, keberhasilan Jakarta E-Prix merupakan hasil kolaborasi yang sangat baik dari semua pihak. Dia mengakui tidak mungkin ajang tersebut bisa diadakan sendirian.

"Kami juga sampaikan bahwa apa yang muncul di dalam kawasan internasional adalah nama Jakarta, nama Indonesia dan kita semua bersyukur bahwa event berjalan dengan amat baik. Dunia internasional pun menyadari dan melihat langsung bahwa kami, bangsa Indonesia, bisa sanggup untuk menyelenggarakan event global setara, bahkan terbaik di antara Formula E yang pernah ada," ujarnya.

Anies juga mengapresiasi kerja Sahroni yang ia anggap sudah bekerja luar biasa untuk mengeksekusi ajang balap mobil listrik itu. Anies berterima kasih, termasuk kepada pihak-pihak lainnya yang terlibat.

"Kami secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Pak Sahroni dan seluruh timnya dan juga di samping kiri saya Pak Ruli Renaldi, pengusaha bakso, bakwan, yang kemarin ikut berpartisipasi. Karena Formula E kemarin adalah Formula E pertama yang secara khusus memberikan tempat ke UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menenang)," kata Anies.

Baca Juga: INDEF Perkirakan Formula E Beri Dampak Ekonomi Hingga Rp2,6 Triliun

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya