Pengelola Museum Nasional Investigasi Penyebab Kebakaran

Perlindungan benda-benda bersejarah diprioritaskan

Jakarta, IDN Times - Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB) bakal melakukan investigasi penyebab kebakaran di Museum Nasional Indonesia yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Plt. Kepala MCB Ahmad Mahendra mengatakan, saat ini pihaknya memprioritaskan perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum.

"Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan," kata dia dalam keterangannya.

Pihaknya akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan dapat berjalan dengan transparan.

Dia menerangkan, Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama, yakni gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Sedangkan kebakaran diketahui terjadi di belakang Gedung A.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, pihaknya menyiagakan personel di bagian depan maupun belakang museum.

"Mengingat memang kita ketahui bahwa di Gedung A sendiri banyak disimpan barang berharga, bernilai sejarah yang cukup tinggi," kata dia di lokasi kebakaran.

Baca Juga: Atap Bangunan Museum Nasional Roboh Akibat Kebakaran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya