Pesan yang Antarkan Napas Terakhir Rizal Ramli: Zal, Tugasmu Selesai!

Dua jam kemudian, Rizal tutup usia

Jakarta, IDN Times - Putri sulung mendiang Rizal Ramli, Dhitta Puti Saraswati, mengungkapkan, sebelum meninggal, ayahnya mendapat pesan dari seorang sahabat bahwa tugasnya untuk Indonesia sudah selesai.

Sahabat yang tak disebutkan namanya itu memberi keyakinan kepada Rizal bahwa Indonesia akan baik-baik saja karena kekuatan rakyat. Dua jam kemudian, Rizal mengembuskan napas terakhirnya.

"Saya tidak akan menyampaikan semuanya, tetapi salah satunya adalah gini, "Udah Zal, tugasmu udah selesai. Indonesia akan baik-baik saja karena rakyatnya itu adalah kuat, karena rakyatnya kuat. Jadi kamu tenang aja". Pada hari itu Bapak dipanggil setelah sahabatnya menyampaikan hal tersebut," kata Dhitta di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga: Rizal Ramli Meninggal Dunia

1. Putri Rizal Ramli yakinkan perjuangan sang ayah dilanjutkan murid-muridnya

Pesan yang Antarkan Napas Terakhir Rizal Ramli: Zal, Tugasmu Selesai!Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

Dhitta menekankan pentingnya untuk bersatu dalam perjuangan demi kebaikan bangsa, meskipun ada perbedaan pendekatan dan keberanian setiap individu dalam memperjuangkan kebenaran.

Dia meyakini, meskipun tidak semua orang sekuat atau seberani Rizal Ramli, banyak yang tetap berusaha memperjuangkan kebenaran dengan cara mereka sendiri.

"Bapak, murid-muridnya udah banyak dan memang gak senekat Bapak, gak seberani Bapak, gak segila Bapak, tapi banyak juga yang saya tahu memperjuangkan kebenaran dengan caranya masing-masing," tuturnya.

Baca Juga: Bawaslu Jakpus Putuskan Gibran Melanggar Aturan

2. Ada doa agar Indonesia dijauhkan dari pemimpin buruk di persemayaman Rizal Ramli

Pesan yang Antarkan Napas Terakhir Rizal Ramli: Zal, Tugasmu Selesai!Jenazah Rizal Ramli Dimakamkan di TPU Jeruk Purut (IDN Times/Trio Hamdani)

Dhitta menyampaikan, saat Prof Din Syamsuddin berdoa, dia merasa senang karena doa tersebut tidak hanya ditujukan untuk mendiang ayahnya, tetapi juga untuk kebaikan bangsa Indonesia.

"Dia (Prof Din Syamsuddin) mengatakan mudah-mudahan Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang baik dan dijauhkan dari pemimpin yang buruk," tuturnya.

Hal itu membuatnya merasa ayahnya sudah menyatu dengan kepentingan bangsa dan dia menganggapnya sebagai suatu hal luar biasa.

"Jadi, Bapak saya itu dirinya itu udah menyatu, ya, dia udah bukan dirinya sendiri saja tetapi bangsa ini dan saya di pengajian itu yang saya rasakan," tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken Perubahan UU ITE

3. Rizal Ramli dikenang sebagai sosok yang mampu merangkul berbagai kalangan

Pesan yang Antarkan Napas Terakhir Rizal Ramli: Zal, Tugasmu Selesai!Abdul Halim/IDN Times

Dhitta menyampaikan rasa syukurnya karena melihat bahwa ayahnya, Rizal Ramli, memiliki kemampuan untuk bergaul dan berinteraksi dengan berbagai kalangan, tanpa memandang latar belakang agama, status sosial, atau pandangan hidup.

Dia mencatat, di rumah duka, semua orang dari berbagai lapisan masyarakat hadir, menunjukkan sosok Rizal Ramli mampu menjalin hubungan baik dengan siapa pun, bahkan yang memiliki pandangan berbeda.

"Jadi, hidupnya memang seperti itu, Bapak saya, saya lihat bisa masuk ke semua kalangan, bahkan bisa bergaul dengan siapapun termasuk orang yang mungkin berbeda pandangan," tambahnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Disdik DKI Batalkan 495 Murid Penerima KJP

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya