Comscore Tracker

Rekaman CCTV Detik-Detik Terakhir Brigadir J Sebelum Dieksekusi  

Ferdy dan istrinya meninggalkan rumah pribadi beberapa menit

Jakarta, IDN Times - Rekaman kamera pengawas (CCTV) yang merekam detik-detik terakhir Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat sebelum ditemukan tewas bersimbah darah di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, ditayangkan di kanal Youtube CNN Indonesia.

Rekaman CCTV tersebut dimulai dari Kota Magelang yang memperlihatkan  rombongan mobil istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dan Brigadir J dari Magelang pada Jumat 8 Juli 2022. Rombongan terdiri dari 3 mobil yakni patwal lalu lintas, MPV Hitam dengan pelat B 1 MAH, dan mobil SUV Hitam dengan nomor polisi L 1973 ZX yang membawa rombongan putri Chandrawati dan Brigadir Yosua.

Pada pukul 14.02 mobil yang dikendarai Brigadir J dan Putri berhenti di rest area di KM 86b Tol Cipali. Pada pukul 14.03 terlihat dari CCTV Brigadir J yang menggunakan baju putih keluar dari mobil SUV Hitam L 1973 ZX menuju toilet. Tiga menit berikutnya rombongan mulai bergerak meninggalkan lokasi rest area menuju arah ke Jakarta.

Berikut rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik terakhir Brigadir J sebelum dieksekusi di rumah dinas Ferdy Sambo, yang dikutip IDN Times, Kamis (11/8/2022). 

Baca Juga: Komnas HAM Bakal Periksa Istri Ferdy Sambo 12 Agustus

1. Aktivitas Ferdy Sambo, Putri dan Brigadir J di rumah pribadi

Rekaman CCTV Detik-Detik Terakhir Brigadir J Sebelum Dieksekusi  Situasi rumah pribadi Irjen Pol Ferdy Sambo didatangi kesatuan Propam Polri, Korps Brimob Polri, dan anggota INAFIS Polri, Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Saat masuk Jakarta, iring-iringan kendaraan terekam CCTV saat melintas di JPO Mampang Prapatan dan madrasah.

Sementara dari rekaman CCTV di rumah pribadi Ferdi Sambo Jalan Saguling III, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada pukul 15.29 tampak Ferdy Sambo memasuki rumah dengan menggunakan pakaian seragam dinasnya.

Dari CCTV di lokasi yang sama pada pukul 15.37 tampak anggota nakes (tenaga kesehatan) yang akan melakukan tes PCR masuk ke dalam rumah Ferdy Sambo.

Kemudian pada pukul 15.40 mobil MPV Hitam yang digunakan Putri Chandrawati juga tiba di rumah Jalan Saguling III.

Pukul 15.41 terekam CCTV Putri masuk ke dalam rumah mengenakan sweater hijau dipadukan leging hitam, diikuti aktivitas ajudan memasukkan barang barang ke rumah tersebut. Brigadir Yosua yang memakai kaus putih dan celana jeans biru ikut masuk ke dalam rumah.

Selanjutnya terlihat Putri melakukan tes swab PCR di teras rumah. Hingga pukul 15.49 di rumah ini masih terekam aktivitas yang dilakukan Brigadir Yosua seperti memasukkan koper serta pakaian ke dalam rumah pribadi Ferdy Sambo dan Putri.

CCTV juga merekam Brigadir Yosua dan Bharada Richard atau Bharada E ikut melakukan tes PCR, hingga keduanya terlihat keluar dari rumah Ferdy Sambo.

 

2. Beberapa menit sebelum Brigadir J dieksekusi, Ferdy dan Putri meninggalkan rumah pribadi menuju rumah dinas

Rekaman CCTV Detik-Detik Terakhir Brigadir J Sebelum Dieksekusi  Rumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Pada pukul 17.05, Putri dengan busana yang sama berjalan keluar menuju mobil MPV Hitam. Pada pukul 17.10 tampak Ferdy Sambo keluar dari rumah menuju mobil SUV Hitam.

Sementara CCTV di kompleks Duren Tiga, merekam mobil SUV Hitam yang ditumpangi Ferdy Sambo dikawal motor patwal melewati Jalan Duren Tiga Barat arah ke rumah dinasnya, yang kini disebut sebagai tempat kejadian perkara (TKP), lokasi tewasnya Brigadir J.

Di antara waktu inilah sekitar pukul 17.06 hingga sebelum pukul 17.23 Brigadir J diduga dieksekusi Bharada E atas perintah atasannya, Irjen Pol Ferdy Sambo. Pada pukul 17.23 tampak Putri Candrawathi datang kembali ke rumah pribadinya di Jalan Saguling Tiga.

Namun Putri datang memakai busana berbeda dari sebelumnya. Dia datang memakai set baju piyama dengan celana pendek berwarna hijau. Mulai saat itu CCTV di kediaman pribadi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sudah tidak pernah merekam kehadiran sosok Brigadir Yosua.

3. Rekaman CCTV rombongan mobil yang diduga membawa jenazah Brigadir J

Rekaman CCTV Detik-Detik Terakhir Brigadir J Sebelum Dieksekusi  Potret Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. (facebook.com/rohani7131)

Pada pukul 18.33, CCTV merekam mobil dinas Avanza Satreskrim Jakarta Selatan melintas di Jalan Duren Tiga Utara 1 arah ke TKP. Selain itu, ada pula mobil Pajero Provost diikuti ambulans.

Mobil Avanza hitam dan mobil Grand Fitara Provost melintas di Jalan Duren Tiga Utara mengarah ke luar Kompleks Polri. Perjalanan iring-iringan kendaraan dari TKP ke RS Polri terekam CCTV dari 7 titik. Tiga di antaranya dari sebuah tempat penitipan motor di samping PGC Jalan Dewi Sartika dan JPO halte busway Kramatjati.

Real-time CCTV pada pukul 20.16, rombongan mobil Pajero Provost, ambulans, mobil Avanza hitam serta mobil Grand Vitara Provost terekam mulai memasuki area RS Polri. Rombongan mobil yang salah satunya diduga membawa jasad Brigadir J mulai masuk area parkir RS Polri Kramatjati.

Saat masih hidup, Brigadir J hanya terekam berada di rumah pribadi Ferdy Sambo dan Putri di Jalan Saguling 3. Tidak ada rekaman CCTV yang memperlihatkan aktivitas Brigadir J, Ferdy Sambo, dan Putri di rumah dinas tempat Brigadir J dieksekusi pada Jumat 8 Juli 2022.

Baca Juga: Polri Masih Dalami Kemungkinan Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya