Resmikan Monumen Hoegeng, Kapolri Minta Sosok Polisi Jujur Jadi Teladan

Minta jajarannya teladani Hoegeng

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan monumen Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (11/11/2023).

Peresmian dihadiri Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan seluruh lapisan elemen masyarakat dan pihak terkait lainnya.

"Alhamdulillah baru saja kita melaksanakan rangkaian kegiatan, salah satunya adalah peresmian monumen Jenderal Hoegeng Iman Santoso," kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Jadi sosok inspiratif kepolisian yang harus diteladani

Resmikan Monumen Hoegeng, Kapolri Minta Sosok Polisi Jujur Jadi TeladanKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan monumen Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso di Pekalongan, Jawa Tengah. (dok Polri)

Sigit mengatakan, monumen tersebut didirikan dengan tujuan menginspirasi keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso sebagai anggota kepolisian yang jujur, sederhana dan berintegritas.

Menurutnya, mantan Kapolri, Hoegeng adalah tokoh idola dan panutan bagi insan bhayangkara. Bahkan, sosoknya sudah dikenal masyarakat.

"Beliau adalah seorang yang jujur, yang berani dan juga mengambil keputusan untuk menjadi seorang abdi negara yang kemudian di dalam kehidupannya banyak nilai-nilai yang beliau ajarkan bahwa melakukan sesuatu menjadi teladan itu tidak mudah, namun itu dilakukan," kata Sigit.

Sigit meminta agar segala bentuk keteladanan yang diwariskan oleh Hoegeng terus diteladani oleh generasi penerus bangsa, serta seluruh personel kepolisian saat ini maupun di masa mendatang.

"Sehingga kemudian tentunya kami yang muda-muda melihat beliau sebagai tokoh panutan, teladan yang harus kita warisi keteladanannya, kejujuran, keberaniannya. Dan nilai-nilai lain yang tentunya ini menjadi sangat penting untuk generasi polisi baik yang sekarang maupun akan datang," ucap Sigit.

Baca Juga: Jenderal Hoegeng, Kapolri Antisuap Yang Ogah Pakai Fasilitas Negara

2. Istri Hoegeng minta jajaran polisi jadi contoh baik buat masyarakat

Resmikan Monumen Hoegeng, Kapolri Minta Sosok Polisi Jujur Jadi TeladanFoto repro Ensklopedi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Hoegeng Iman Santoso. (IDN Times/Anabel Yevina Mulyadi Wahyu)

Dalam peresmian tersebut, Sigit melakukan dialog melalui virtual dengan istri Hoegeng, Meriyati Roeslani atau Meri Hoegeng.

Wanita yang akrab disapa Eyang Meri itu mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kapolri dan jajarannya yang telah meresmikan monumen Jenderal Hoegeng. Menurutnya, Pekalongan merupakan daerah yang memiliki sejarah historis yang manis.

"Pak Listyo, saya minta semua anggota Bhayangkara-Bhayangkari agar menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Terus menolong dan berbagi. Kami juga memohon selalu senyum dan kami hanya bisa bilang satu pak Listyo titip Polri, terima kasih," ujar Eyang Meri.

Baca Juga: Kapolri: Perang Israel-Palestina Bangkitkan Sel-Sel Tidur Teroris

3. Kapolri pastikan berusaha semaksimal mungkin

Resmikan Monumen Hoegeng, Kapolri Minta Sosok Polisi Jujur Jadi TeladanKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan monumen Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso di Pekalongan, Jawa Tengah. (dok Polri)

Menanggapi pesan istri mendiang Hoegeng, Sigit memastikan akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus meneladani sosok panutan Jenderal Hoegeng.

"Terima kasih Eyang Meri kami semua mendengar apa yang baru saja dipesankan dan disampaikan oleh Eyang Meri. Tentunya kami menyadari tidak mudah untuk menjadi seorang Hoegeng Iman Santoso," sebutnya.

Namun, dia meyakini generasi muda akan berusaha semaksimal mungkin untuk meneladani Jenderal Hoegeng Iman Santoso.

"Kami tentunya berdoa bahwa kedepan, saat ini dan di hari yang akan datang akan lahir Hoegeng baru. Mohon doanya," tutup Sigit.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya