CEK FAKTA: Prabowo Klaim hanya Ada 92 Fakultas Kedokteran di Indonesia

Benar nih angkanya

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebut, Indonesia baru memiliki 92 fakultas kedokteran (FK). Oleh karena itu, bila terpilih menjadi Presiden untuk periode 2024-2029, ia bertekad akan menambah jumlah fakultas kedokteran.

“Kita akan menambah fakultas kedokteran di Indonesia, dari yang sekarang berjumlah 92, kita akan membangun 300 fakultas kedokteran,” ujar dia dalam Debat Calon Presiden di JCC, Minggu (4/2/2024).

Bagaimana faktanya?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Indonesia baru memiliki 92 FK. Angka tersebut, menurut Budi, masih terlalu minim.

“Berdasarkan data World Health Organization (WHO) dari 1000 populasi penduduk diperlukan satu dokter. Sementara itu, menurut dinas kesehatan, Indonesia baru memiliki 110 ribu dokter sehingga butuh 160 ribu lulusan kedokteran dari 92 Fakultas Kedokteran. Untuk mencapai ini kita butuh 14 tahun,” kata Menteri Budi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Minggu (4/2/2023).

Sebelumnya, transformasi pada bidang kedokteran dan kesehatan sudah dapat diantisipasi lebih cepat dengan implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran. Salah satu kekhususan yang diatur pada Standar Nasional Pendidikan Kedokteran adalah implementasi kurikulum dengan pendekatan interprofessional education untuk menyiapkan pelayanan kesehatan berbasis collaborative practice.

Dampaknya, kurang dari 10 tahun jumlah program studi Kedokteran yang terakreditasi A naik lebih dari 90 persen, jumlah lulusan dokter per tahun meningkat 100 persen dari sekitar 6.000 menjadi 12.000 per tahun. Saat ini terdapat 93 Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia di mana 18 di antaranya menyelenggarakan program studi dokter spesialis.

Kesimpulannya, benar, Indonesia baru memiliki 92 fakultas kedokteran (FK).

Baca Juga: Prabowo Mau Bikin Dana Abadi Budaya, Padahal Faktanya Sudah Ada!

Topik:

  • Anata Siregar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya