Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako Tiba di Indonesia

Kaisar tiba di Soetta pukul 16.20 WIB

Jakarta, IDN Times - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masko melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/6/2023) pukul 16.20 WIB.

Kedatangan Kaisar Jepang dan Permaisuri disambut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Hari Akhmadi.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden, Kaisar Jepang akan melaksanakan sejumlah kegiatan di Indonesia. Salah satunya, bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Kaisar Jepang Bakal Kunjungi Indonesia Selama Sepekan 

1. Kaisar Naruhito akan kunjungi sejumlah tempat

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako Tiba di IndonesiaKunjungan Kaisar Jepang 2023/Sekretariat Presiden

Selain bertemu Presiden Jokowi, Kaisar Naruhito juga dijadwalkan mengunjungi Depo MRT Lebak Bulus dan Stasiun Pompa Waduk Pluit di Jakarta.

Kaisar Jepang dan Permaisuri juga dijadwalkan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Arloji Milik Kaisar Terakhir China Terjual Seharga Rp75 Miliar

2. Kunjungan Kaisar Jepang mempererat hubungan Indonesia-Jepang

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako Tiba di IndonesiaPresiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bertemu dengan Kaisar dan Permaisuri Jepang, Naruhito dan Masako di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo (27/7/2022). (twitter.com/jokowi)

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyebut, Indonesia telah beberapa kali mengundang Kaisar Jepang. Salah satunya, saat kunjungan Presiden Jokowi ke Tokyo, pada Juli 2022.

Kishida yakin kunjungan Kaisar Jepang dan Permaisuri ke Indonesia akan mempererat hubungan kedua negara.

“Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” ucapnya dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang.

Baca Juga: Akhirnya Muncul di Publik, Kaisar Jepang Sampaikan Pidato Tahun Baru 

3. Lawatan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako berlangsung 7 hari

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako Tiba di IndonesiaPresiden Jokowi bertemu Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, di Istana Kekaisaran Jepang (dok. Sekretariat Presiden)

Lawatan ini merupakan kunjungan pertama Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan pada 2019. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako rencananya berada di Indonesia selama tujuh hari.

Kaisar Jepang dan Permaisuri Masako akan kembali ke Tokyo pada Jumat (23/6/2023).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya