Megawati Ingatkan Generasi Muda untuk Hindari Zona Nyaman  

Jangan duduk enak-enak, tapi harus pikirkan orang lain

Jakarta, IDN Times - Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri, mengimbau generasi muda untuk meninggalkan zona nyaman.

Hal itu disampaikan Megawati saat menjadi pembicara pada peluncuran buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas RI).

"Bahwa kalau kita berada di dalam zona nyaman saja. Apa zona nyaman? Ya, seperti sekarang. Kita duduk enak-enak, kita tidak pikirkan orang lain," ujar Megawati di Gedung Lemhanas RI, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023).

Baca Juga: Lanjut Safari Politik, Cak Imin Mau Temui Megawati Soekarnoputri 

1. Geo V miliki lima isu strategis

Megawati Ingatkan Generasi Muda untuk Hindari Zona Nyaman  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Lebih lanjut, Megawati pun menjelaskan tentang konsep Geo V yang digagas Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto. Dalam konsep tersebut, terdapat lima isu strategis untuk memperkuat konsolidasi demokrasi, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

Kemudian, transformasi digital, pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan merancang transformasi Indonesia pada tahun 2045.

"Tadi Geo V itu, jangan terus sampai tingkat geolima. Tetapi itu kan sebetulnya benar. Prediksi ke depan. Kalau kita hanya dalam zona nyaman saja, tidak mau berpikir aksi dan reaksi," ucap Megawati.

Baca Juga: Profil Andi Widjajanto yang Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhanas

2. Masih berlanjutnya konflik Ukraina-Rusia harus diantisipasi Indonesia

Megawati Ingatkan Generasi Muda untuk Hindari Zona Nyaman  Ilustrasi depresi ekonomi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Megawati pun mempertanyakan, program yang disiapkan Lemhannas dalam menghadapi berbagai risiko global. Misalnya tentang konflik antara Ukraina dan Rusia yang masih berlanjut hingga saat ini. 

Dengan adanya konflik geopolitik tersebut, Indonesia dinilainya harus mempersiapkan mitigasi ke depan dalam berbagai aspek, termasuk ekonomi. Hal itu lantaran ketegangan dua negara memiliki dampak bagi perekonomian global.

"Dampaknya berpengaruh pada geopolitik dan geo-ekonomi dunia," ucapnya.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor HUT ke-206, Megawati Nostalgia Dirikan YKRI

3. Megawati minta jenderal dan perwira perhatikan pasukannya

Megawati Ingatkan Generasi Muda untuk Hindari Zona Nyaman  Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Tak hanya itu, Megawati juga menyinggung soal hubungan yang seharusnya terjadi antara para petinggi TNI-Polri dengan para prajurit.

Megawati meminta para jenderal atau perwira tinggi lebih sering memperhatikan pasukan di bawahnya. Menurut dia, dari hal yang terlihat sederhana saja akan bisa menyiapkan segala rencana besar.

"Dengan demikian, kita bisa mempersiapkan diri, bukan sebagai orang per orang, tapi sebagai bangsa. Mempersiapkan secara nasional dan juga secara internasional," kata dia.

"Supaya ingat, eling. Kalian itu bisa begini, itu karena ada yang ngomong. Ada anak buah. Nah, tolong benar-benar anak buah diurus," sambungnya

Adapun dalam acara itu hadir pula Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo; Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono; Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Mahfud MD; Menkumham, Yasonna H Laoly; Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas; Menteri ESDM, Arifin Tasrif; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Koperasi, Teten Masduki; dan Wamen Dalam Negeri, John Wempi Wetipo. 

Baca Juga: Kronologi Ketua DPD PDIP Maluku Marah dan Pukul Meja, Dipecat Megawati

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya