Momen Jokowi Jongkok Ambilkan Pin Paskibraka Kachina Ozora yang Jatuh 

Kachina Ozora berasal dari Palangka Raya

Jakarta, IDN Times - Ada momen menarik dalam pengukuhan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Selasa (15/8/2023) di Istana Negara.

Dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Kamis (17/8/2023), setelah pengukuhan selesai, anggota Paskibraka diberikan ucapan selamat oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Iriana, serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wury Estu Handayani.

Namun, saat pembawa acara masih membacakan susunan acara, Jokowi tiba-tiba berjalan ke tengah aula dan berjongkok untuk mengambil pin pengukuhan milik anggota Paskibraka yang terjatuh.

Untuk diketahui, pin yang terjatuh tersebut milik Kachina Ozora yang saat itu menjadi pemimpin upacara pengukuhan Paskibraka RI 2023.

1. Presiden memberikan pin kepada Kachina Ozora

Momen Jokowi Jongkok Ambilkan Pin Paskibraka Kachina Ozora yang Jatuh Pengukuhan Anggota Paskibraka 2023. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jokowi langsung memberikan pin tersebut kepada Kachina yang juga langsung memberikan hormat. Kachina pun menerima pin itu untuk dipasang kembali di dada kirinya.

Jokowi pun tampak memberikan pesan untuk Kachina memasang pin dengan kuat, agar tidak jatuh lagi.

2. Kachina Ozora anggota Paskibraka dari Palangka Raya

Momen Jokowi Jongkok Ambilkan Pin Paskibraka Kachina Ozora yang Jatuh Presiden Jokowi kukuhkan Paskibraka 2023 di Istana Negara, Jakarta. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dilansir dari laman resmi Pemkot Palangka Raya, Kachina Ozora berasal dari Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Kachina bersekolah di SMAN 2 Palangka Raya.

Ia lahir pada 26 Juni 2007 dan memiliki tinggi badan 172 cm serta berat badan 63 kg. Kachina merupakan satu dari dua anak SMA di Provinsi Kalimantan Tengah yang lolos menjadi peserta Paskibra tingkat nasional.

Kedua orang tua Kachina Ozora merupakan ASN Pemko Palangka Raya. Ayahnya bernama Pajar Yanto berdinas di Bappedalitbang, sedangkan ibunya bernama Kumi Indang Inara bertugas di BPAKD Kota Palangka Raya. 

3. Pelaksanaan upacara HUT RI ke-78 sukses

Momen Jokowi Jongkok Ambilkan Pin Paskibraka Kachina Ozora yang Jatuh Upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 RI. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pelaksanaan upacara pengibaran hingga penurunan bendera Merah Putih yang dilaksanakan hari ini, Kamis (17/8/2023) berlangsung sukses.

Untuk diketahui, Paskibraka yang bertugas pada penurunan bendera peringatan HUT ke-78 RI, bernama Tim Indonesia Jaya. Mereka merupakan petugas Paskibraka dari 38 provinsi.

Pantauan IDN Times, upacara penurunan bendera dimulai sekitar pukul 16.50 WIB. Bendera berhasil diturunkan sekitar pukul 17.15 WIB. Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Inspektur Upacara.

Diketahui, Keyla Azzahra Purnama yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) terpilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih.

Tiga orang lainnya dari Tim Indonesia Jaya yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Frans Timothy Prawira Siallagan sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Lampung, Made Guruh Anggara Putra sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bali, dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Momen Sepatu Paskibraka Pembawa Baki  Bendera Lepas di Istana Merdeka

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya