Wapres Dorong Organisasi Papua Christian Center Segera Didirikan 

Masyarakat harus saling toleransi

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, berharap agar organisasi keagamaan Papua Christian Center (PCC) segera didirikan agar dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan di Tanah Papua.

Menurutnya, untuk menjalankan sebuah program, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Keberhasilan program tersebut juga sangat bergantung pada kolaborasi dengan masyarakat setempat, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, dan organisasi keagamaan.

"Saya menyampaikan apresiasi atas gagasan pendirian Papua Christian Centre sehingga saya minta kementerian/lembaga terkait dan pemda untuk secara intens berkolaborasi dengan PGGP dan pengurus Papua Christian Centre. Harapannya, PCC dapat berdiri di era Kabinet Indonesia Maju sehingga akan berguna bagi kemuliaan rakyat Papua,” tegas Wapres dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: Wapres Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pusat Pemerintahan Papua Tengah

1. PCC miliki peran strategis

Wapres Dorong Organisasi Papua Christian Center Segera Didirikan Foto udara Gereja Pantekosta Bukit Zaitun (kiri) dan Masjid Dakwah Wanita (kanan) di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (5/4/2022). Masjid Dakwah Wanita dan Gereja Pantekosta Bukit Zaitun merupakan dua rumah ibadah yang letaknya berdampingan dan dibangun bersamaan pada tahun 1960. ANTARA FOTO/Jojon.

Wapres menyampaikan, ke depan PCC memegang peran strategis, yakni menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dengan masyarakat.

Sebab, PCC bersama para pemuka agama dan gereja-gereja di Papua merupakan sektor utama yang akan turun ke lapangan dan menggandeng masyarakat menuju kemajuan melalui program yang telah dirancang.

“Para pendeta dan tokoh agama, khususnya, tidak hanya mengajarkan kesalehan individual agar umat dekat dengan Tuhan, tetapi juga kesalehan sosial agar rakyat Papua mendapatkan pelayanan sosial, termasuk pendidikan dan ekonomi,” tutur Wapres.

Baca Juga: Tinjau Baksos di RSUD, Wapres: Papua Tak Pernah Ditinggalkan

2. Toleransi adalah faktor krusial yang harus dijaga

Wapres Dorong Organisasi Papua Christian Center Segera Didirikan Ilustrasi toleransi agama (IDN Times/Mardya Shakti)

Ma'ruf mengatakan, PCC serta pemuka agama dan gereja juga menjadi faktor krusial dalam menjaga toleransi dan saling menghargai di masyarakat.

“Walaupun kini telah ada 6 provinsi, tapi saya yakin, prinsip kitorang Papua sebagai satu kesatuan kultural di atas Tanah Papua akan mampu menjadi fondasi yang solid dalam satu kesatuan langkah demi meraih kesejahteraan bangsa,” ujar dia.

Baca Juga: 1 Anggota TNI Tewas Ditembak, Wapres Perintahkan Kejar KKB Papua

3. Kesejahteraan masyarakat Papua harus didorong

Wapres Dorong Organisasi Papua Christian Center Segera Didirikan ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski demikian, Wapres mengapresiasi seluruh aksi nyata yang telah dilakukan oleh para pemuka agama dan gereja-gereja di Papua dalam mengawal kesejahteraan masyarakat.

Ke depan, ia berharap, kontribusi nyata ini dapat terus dilanjutkan untuk kemajuan Papua pada khususnya dan negara pada umumnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PGGP, pimpinan Sinode, dan para Gembala yang telah melayani tanpa pamrih demi kemajuan, kemanusiaan, dan kedamaian di Tanah Papua,” imbuh Wapres.

Baca Juga: Wapres Apresiasi Pendidikan Vokasi di Institut Pertambangan Nemangkawi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya