Airin Harus Punya Modal Ini Kalau Mau Saingi Riza Jadi Cagub DKI 2024

Calon gubernur DKI Jakarta harus diuji elektabilitasnya

Jakarta, IDN Times - Sejumlah nama yang disebut-sebut berpeluang menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 mulai bermunculan. Nama-nama yang sudah mencuat seperti Airin Rachmi Diany, mantan wali kota Tangerang Selatan (Tangsel), Bahlil Lahadalia yang merupakan Menteri Investasi/Kepala BKPM, Ahmad Sahroni anggota DPR, hingga Ahmad Riza Patria, yang saat ini masih menjabat Wakil Gubernur DKI.

Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, semua nama memiliki peluang yang sama. Namun, mereka harus memiliki dukungan dari warga DKI Jakarta.

“Airin harus diuji dengan elektabilitas. Kepala daerah khususnya cagub dan wagub harus punya elektabilitas yang tinggi. Semua tokoh bisa disebut, pembuktiannya dia didukung apa gak, itu dari elektabilitas yang tinggi,” kata Ujang saat dihubungi IDN Times, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Politikus Gerindra Bidik Airin hingga Bahlil Jadi Cagub Gantikan Anies

1. Airin harus bersaing dengan rekan satu partainya

Airin Harus Punya Modal Ini Kalau Mau Saingi Riza Jadi Cagub DKI 2024Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Dia mengatakan, Airin memang berpengalaman dalam memimpin Kota Tangerang Selatan. Akan tetapi, dia juga harus dikenal warga secara luas, khususnya di DKI Jakarta. 

Di sisi lain, kata Ujang, Airin yang merupakan kader Partai Golkar juga harus bersaing dengan rekan satu partainya dulu. 

“Kita tahu Airin (kader) Golkar, di DPD Golkar DKI Jakarta juga ada Zaki (Ahmed Zaki Iskandar), tentu dia ada keinginan juga buat maju. Nanti dilihat saja, kader Golkar siapa yang layak dan punya prestasi tinggi untuk maju ke DKI Jakarta,” kata Ujang.

2. Peluang Riza lebih terbuka

Airin Harus Punya Modal Ini Kalau Mau Saingi Riza Jadi Cagub DKI 2024Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Sementara itu, Ujang menilai, jalan Riza Patria untuk menjadi calon gubernur lebih leluasa. Sebab, Riza telah dikenal masyarakat DKI Jakarta karena menjabat sebagai wakil gubernur.

Namun, sejauh mana peluangnya, semua itu kembali lagi kepada warga Jakarta yang akan memilih. 

“Saya melihat Riza punya pengalaman sebagai anggota DPR, dampingi Anies jadi wakil, layak-layak saja ketika dia diusung menjadi cagub. Tapi sejauh mana, tinggal warga Jakarta yang akan memilih pemimpinnya,” terang Ujang.

3. Tiga nama cagub DKI menurut Taufik Gerindra

Airin Harus Punya Modal Ini Kalau Mau Saingi Riza Jadi Cagub DKI 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, politikus Gerindra, M Taufik, menyebut tiga nama calon pengganti Anies Baswedan. Taufik menyebut Airin adalah salah satu calon potensial. Sebab, reputasi dan pengalamannya memimpin Tangsel dua periode. 

Selain itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga dianggap mewakili anak muda. Sebab Jakarta butuh pemimpin yang berjiwa muda. Sementara itu, dari partainya sendiri, Taufik menyebut nama Riza Patria dalam radar calon gubernur 2024 mendatang.

Baca Juga: Agnez Mo dan Raffi Ahmad Dicalonkan Jadi Cagub DKI, Ini Alasan PKB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya