Politikus Gerindra Bidik Airin hingga Bahlil Jadi Cagub Gantikan Anies

Airin dinilai mewakili anak muda

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Gerindra, M Taufik, menyebut nama-nama yang masuk radar untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta selanjutnya, setelah berakhirnya masa kepemimpinan Anies Baswedan. Diketahui, masa jabatan Anies berakhir pada 16 Oktober 2022, selanjutnya DKI akan menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Beberapa nama yang digadang-gadang untuk menjadi calon gubernur DKI di antaranya adalah Ahmad Riza Patria, yang saat ini menjabat Wakil Gubernur DKI, dan mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

“Pak Wagub saya kira punya peluang,” kata Taufik kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: Relawan ANIES Deklarasikan Anies Jadi Capres Pilpres 2024

1. Riza punya pengalaman pimpin Jakarta

Politikus Gerindra Bidik Airin hingga Bahlil Jadi Cagub Gantikan AniesGubernur dan Wagub DKI Jakarta, Anies dan Riza Patria (Instagram/@aniesbaswedan)

Dia mengatakan, Riza berpengalaman memimpin DKI meski statusnya saat ini hanya menjadi wakil Anies.

Selain Riza, Taufik juga tak menutup kemungkinan nama-nama lain yang berpotensi mengisi kursi DKI 1. Menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu, Ibu Kota perlu dipimpin oleh sosok muda. 

“Cari tokoh-tokoh yang punya pengalaman mimpin pemerintahan,” tutur dia.

2. Airin Rachmi Diany dan Bahlil Lahadalia dinilai mewakili anak muda

Politikus Gerindra Bidik Airin hingga Bahlil Jadi Cagub Gantikan AniesIDN Times/Muhamad Iqbal

Selain Riza Patria, Taufik juga menyinggung nama Airin Rachmi Diany, mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode. Taufik menuturkan, Airin punya pengalaman memimpin Tangsel dan mewakili anak muda.

“Airin mimpin Tangsel berhasil menurut saya. Tangsel itu kan seperti Jakarta kecil lah. Berhasil dia,” kata Taufik.

Taufik juga menyebut nama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta berikutnya. 

“Ada lagi misalnya saudara Bahlil, itu menteri penanaman modal dan investasi. Ya tokoh-tokoh muda lah ke depan itu,” ujarnya.

3. Gerindra belum bahas soal calon gubernur DKI

Politikus Gerindra Bidik Airin hingga Bahlil Jadi Cagub Gantikan AniesGerindra.com

Sejauh ini, Taufik mengaku partainya belum membahas lebih jauh soal calon gubernur yang akan diusung dalam Pilkada DKI berikutnya. Taufik mengatakan, akan mengusulkan ke Gerindra dalam waktu dekat agar segera menggelar rapat DPD untuk memutuskan siapa calon gubernur DKI Jakarta.

“Baru pandangan M Taufik aja itu. Kalau saya sih maunya dari sekarang suguhkanlah tokoh-tokoh itu semua pada rakyat. Saya akan menyarankan kepada DPD untuk (rapat) sesegera mungkin,” terangnya.

Baca Juga: Anies Buat 28 Isu Prioritas Jelang Akhir Jabatan, Ini Kata Wagub DKI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya