Akhiri Masa Jabatan, Anies Resmikan Gapura Little India di Pasar Baru

Anies juga mendatangi Komunitas Hindu

Jakarta, IDN Times - Usai meresmikan Grha Sabha Adhitya di Rawamangun, Jakarta Timur, untuk masyarakat Hindu Bali, Gubernur Anies juga meresmikan Gapura Little India di Pasar Baru untuk masyarakat India di Jakarta, Senin (10/10/2022).

“Lima tahun kita kerja bersama dalam ikatan persahabatan. Saya menyampaikan pamit sebagai kapasitas Gubernur DKI Jakarta, tapi silaturahmi tidak akan putus,” tutur Anies, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Anies Pamit ke Masyarakat Hindu Bali di Jakarta, Ini Pesannya!

1. Grha Sabha Adhitya diharapkan beri manfaat

Akhiri Masa Jabatan, Anies Resmikan Gapura Little India di Pasar BaruGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menemui para umat Hindu di Jakarta yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) DKI Jakarta serta Suka Duka Hindu Dharta (SDHD), Rabu (2/3/2022). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

 Anies juga berharap kehadiran Grha Sabha Adhitya akan memberikan manfaat serta menghasilkan ketenangan, kedamaian dan keteduhan sebagai bagian dari kesetaraan menjalankan ibadah bagi seluruh warga Jakarta.

“Semoga ruang ibadah (Grha Sabha Adhitya) ini memberikan manfaat sehingga masyarakat Hindu di Jakarta akan bisa menjalankan seluruh kewajiban agamanya dengan baik, hidup bersama masyarakat dengan tenang dan teduh,” kata dia.

2. Jadi bagian sejarah Pasar Baru

Akhiri Masa Jabatan, Anies Resmikan Gapura Little India di Pasar BaruGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan gapura Little India. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara, pada peresmian Gapura Little India, Gubernur Anies mengawali dengan menceritakan sejarah dari kawasan Pasar Baru, di mana kawasan tersebut dibangun sekitar 1820-an. 

Pada waktu itu, kata Anies, pemerintah kolonial Belanda memindahkan pusat pemerintahan lebih ke selatan. Kemudian, kawasan Pasar Baru tumbuh dan banyak dari mereka yang berasal dari berbagai wilayah hidup di kawasan tersebut, termasuk komunitas India.

“Kita mengetahui, di tempat ini komunitas India banyak berkegiatan ekonomi dan beraktivitas. Ini adalah satu kawasan yang mencerminkan betapa kayanya Jakarta sebagai rumah bagi semua. Di tempat inilah kita rasakan Kota Global sesungguhnya,” kata Anies didampingi Ketua PP Gema Sadhana, AS Kobalen.

Baca Juga: Dulu Saling Dukung, Prabowo dan Anies Bakal Jadi Rival Politik 2024?

3. Menjadi representasi dari subculture Jakarta

Akhiri Masa Jabatan, Anies Resmikan Gapura Little India di Pasar BaruGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan gapura Little India. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies berharap, dengan adanya Little India, akan mempermudah bagi siapa saja yang ingin menikmati pengalaman budaya India, sekaligus merasakan kekayaan budaya Jakarta dan bisa langsung mengunjungi kawasan Little India ini.

“Karena itu, kami berharap dengan adanya Gapura Little India, maka tempat ini menjadi representasi dari subculture yang ada di Jakarta. Kita berharap, nantinya bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pengalaman nuansa India bisa datang ke sini, merasakan keunikannya, dan merasakan betapa kayanya kota ini,” katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya