Anies Segera Rilis Aturan Turunan PPKM Level 2 di Jakarta

Penurunan dan kenaikan level PPKM sudah menjadi hal normal

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan meneruskan aturan PPKM Level 2 yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Nantinya, Anies akan mengeluarkan aturan turunan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri.

“Terkait dengan ketentuan PPKM tadi, sudah ada turunan detailnya lewat peraturan Mendagri. Sehingga kami nanti di Jakarta akan meneruskan,” terang Anies, di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Mantan Mendikbud ini mengatakan Jakarta sudah melewati fase PPKM Level 4 hingga 1. Sehingga, penurunan level ini merupakan kondisi yang normal. “Jadi ini bagian dari proses normal. Saya mengimbau kepada semua masyarakat untuk responsif,” ungkapnya.

Baca Juga: Daftar Terbaru Level PPKM Wilayah Jawa dan Bali

1. Lansia diminta untuk segera booster

Anies Segera Rilis Aturan Turunan PPKM Level 2 di JakartaIlustrasi lansia (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Adapun, Anies mengimbau kepada para lansia dan juga masyarakat yang belum suntik vaksin ketiga (booster) agar segera melakukan vaksinasi. “Karena lansia secara umum di Jakarta sudah mendapatkan vaksin 2 kali. Tapi vaksin ketiga untuk lansia para keluarga tolong untuk responsif,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, memutuskan area Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi serta Surabaya Raya turun level menjadi PPKM Level 2. Sebelumnya, daerah tersebut berada di PPKM Level 3.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Aktif COVID-19 di DKI Jakarta Turun Lagi Jadi 28.732

2. Penurunan Level PPKM berdasarkan kasus harian

Anies Segera Rilis Aturan Turunan PPKM Level 2 di JakartaSejumlah perawat beristirahat dengan mengenakan alat pelindung diri di Instalasi Gawat Darurat khusus penanganan COVID-19 di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (5/6/2020) (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu mengatakan, penurunan level dipengaruhi kasus harian dan perawatan pasien di rumah sakit yang menurun. 

"Seiring dengan perbaikan pandemik COVID-19 yang semakin hari semakin membaik, maka sejumlah kabupaten dan kota yang turun ke PPKM Level 2 kembali meningkat cukup signifikan. Saat ini aglomerasi Jadebotabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke (PPKM) level 2," ungkap Luhut ketika memberikan keterangan pers virtual soal evaluasi PPKM dikutip dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (7/3/2022). 

Baca Juga: Pengumuman! Interval Vaksin Booster Kini 3 Bulan untuk Semua Umur

3. Mobilitas masyarakat naik

Anies Segera Rilis Aturan Turunan PPKM Level 2 di JakartaIlustrasi Gerbong KRL (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Informasi lebih detail akan dituangkan di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri yang dirilis pada hari ini. Di sisi lain, meski terjadi penurunan kasus tetapi mobilitas masyarakat mengalami kenaikan cukup tinggi. Hal itu terlihat dari data yang dikutip tim Luhut sepekan terakhir dari Google mobility. 

Ia pun menyadari jumlah cakupan vaksinasi harus terus ditingkatkan, khususnya yang belum menerima vaksin COVID-19 lengkap. Pria yang menjadi komandan PPKM di wilayah Jawa-Bali itu bakal fokus mempercepat pemberian vaksin COVID-19 bagi orang lanjut usia (lansia). 

"Saat ini capaian vaksin untuk kaum lansia sudah berada di angka 62 persen di wilayah Jawa-Bali. Tapi, akan terus kami kejar agar angkanya lebih tinggi lagi," kata dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya