Disebut Berpeluang Jadi Gubernur Gantikan Anies, Ini Kata Riza Patria

Pemilihan gubernur DKI Jakarta digelar pada 2024 mendatang

Jakarta, IDN Times - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Meski pemilihan gubernur DKI Jakarta akan digelar pada 2024 mendatang, namun nama-nama pengganti Anies sudah mulai bermunculan. 

Salah satunya adalah nama Ahmad Riza Patria, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI mendamping Anies. 

Kendati demikian, Riza mengatakan, "pilkada masih 2024. Jadi laksanakan dulu dengan baik. Nanti biar masyarakat yang menilai tugas-tugas kita.”

Baca Juga: Politikus Gerindra Bidik Airin hingga Bahlil Jadi Cagub Gantikan Anies

1. Riza mengaku ingin fokus melaksanakan tugas hingga masa jabatan berakhir di 2022

Disebut Berpeluang Jadi Gubernur Gantikan Anies, Ini Kata Riza PatriaWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/11/2021). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Soal namanya yang masuk radar akan jadi cagub DKI, politikus Partai Gerindra ini tak menolak atau pun mengiyakan secara tegas. Riza hanya mengatakan ingin fokus melaksanakan tugasnya sesuai masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. 

“Saya ingin bekerja melaksanakan tugas membantu Pak Gubernur memastikan RPJMD 2017-2022 dilaksanakan dengan baik, berhasil, maju kotanya dan bahagia warganya,” kata Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (5/1/2022).

2. Riza dinilai punya peluang jadi cagub DKI

Disebut Berpeluang Jadi Gubernur Gantikan Anies, Ini Kata Riza PatriaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, politikus Gerindra yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan, Ahmad Riza Patria memiliki peluang untuk menjadi DKI 1. Dia mengatakan, Riza berpengalaman memimpin DKI meski statusnya saat ini hanya menjadi wakil Anies.

Selain Riza, Taufik juga tak menutup kemungkinan nama-nama tokoh lain yang berpotensi mengisi kursi DKI 1. Dia menilai, Jakarta perlu dipimpin oleh sosok muda. 

“Cari tokoh-tokoh yang punya pengalaman mimpin pemerintahan,” tutur dia.

3. Beberapa tokoh masuk radar jadi cagub DKI

Disebut Berpeluang Jadi Gubernur Gantikan Anies, Ini Kata Riza PatriaIDN Times/Muhamad Iqbal

Selain Riza Patria, Taufik juga menyebut nama Airin Rachmi Diany, mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode. Taufik menuturkan, Airin punya pengalaman memimpin Tangsel dan mewakili anak muda.

“Airin mimpin Tangsel berhasil menurut saya. Tangsel itu kan seperti Jakarta kecil lah. Berhasil dia,” kata Taufik.

Taufik juga menyebut nama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. 

“Ada lagi misalnya saudara Bahlil, itu menteri penanaman modal dan investasi. Ya tokoh-tokoh muda lah ke depan itu,” ujarnya.

Baca Juga: Anies Buat 28 Isu Prioritas Jelang Akhir Jabatan, Ini Kata Wagub DKI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya