Ini Pesan Anies buat 200 UMKM Bakal Jualan di Event Formula E

Anies UMKM harus tunjukkan mereka 'small but giant'

Jakarta, IDN Times - Jelang ajang balap mobil listrik Formula E digelar, para pelaku UMKM yang nantinya berpartisipasi di event internasional tersebut, diberikan pelatihan dan pembekalan. Pelatihan itu diadakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan penyelenggara.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menekankan pesan penting dalam event Formula E yang merupakan gelaran perdana di Indonesia tersebut.

“Anda adalah orang yang akan berpartisipasi dalam kegiatan Formula E besok dan ini adalah event pertama kali. Kenapa ada event ini? Karena, masa depan adalah kendaraan bebas emisi dan polusi. Ini bukan sekadar balapan, tapi pesan bahwa Jakarta siap masuk ke masa depan,” jelas Anies, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Pemprov DKI Bakal Gandeng 100 UMKM untuk Jualan di Formula E

1. Ini bisa jadi kesempatan bagi UMKM

Ini Pesan Anies buat 200 UMKM Bakal Jualan di Event Formula EGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ajang Formula E, kata Anies, nantinya juga akan disiarkan ke seluruh dunia dan menjadi perhatian global. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan pasar yang besar kepada para pelaku UMKM agar dapat terus maju dan berkembang.

“Penyelenggaraan di Jakarta itu unik, karena secara khusus menyiapkan tempat untuk pedagang UMKM. Jadi, bukan hanya yang raksasa, tapi yang kecil pun dapat kesempatan. Karena, prinsip kami di Pemprov bukan mengecilkan yang besar, tapi membesarkan yang kecil, dengan memberi kesempatan seluas-luasnya untuk mereka mengembangkan usahanya,” tutur Anies.

“Maka dari itu, pada kesempatan di mana Bapak/Ibu akan disorot dunia, tunjukkan bahwa UMKM di Jakarta memang ukurannya kecil tetapi memiliki standar global. Small but giant,” lanjutnya.

Baca Juga: Atap Tribune Penonton Formula E Ambruk Diterjang Badai

2. Anies ingin UMKM mampu mewakili nama baik Indonesia

Ini Pesan Anies buat 200 UMKM Bakal Jualan di Event Formula EGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selain itu, Anies juga berpesan agar para pelaku UMKM nantinya mampu mewakili nama baik Indonesia dengan menjadi tuan rumah yang baik. Salah satunya, membuat para penonton Formula E terkesan, bukan hanya melalui produk yang mereka pasarkan, tetapi juga pelayanan yang mereka perlihatkan kepada para penonton baik lokal maupun internasional.

“Saya juga menggarisbawahi, setiap stan tempat Ibu/Bapak berada, mewakili nama baik Indonesia. Saya ingin titipkan itu, tunjukkan bukan hanya karyanya baik, tetapi Bapak/Ibu mampu menularkan kebahagiaan, karena  Bapak/Ibu membawa nama baik Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga: Misteri Sponsor Rp100 M Formula E Jakarta, RANS?

3. Ada 200 UMKM yang terlibat

Ini Pesan Anies buat 200 UMKM Bakal Jualan di Event Formula EGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melambaikan tangan saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebanyak 200 UMKM akan dilibatkan dalam gelaran Formula E Jakarta pada 4 Juni mendatang. Mereka tidak hanya berasal dari binaan Jakpreneur DKI Jakarta, tetapi juga 10 provinsi di Indonesia yang terpilih untuk menjajakan dagangannya pada ajang balap mobil listrik tersebut. 

Para pelaku UMKM ini dibekali hospitality management, F&B management, hingga waste management dengan standar tinggi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya