Jakpro: Sponsor Formula E Mulai Masuk, Ada Brand Minuman hingga Bank

Anggaran Formula E dari sponsor

Jakarta, IDN Times - Direktur Pengembangan Aset PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko, mengatakan beberapa brand telah masuk menjadi sponsor balap mobil listrik Formula E yang akan digelar di Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022.

“Kalau sponsor memang kita sudah ada, beberapa yang intens masuk dari brand,” kata Gunung kepada anggota DPRD DKI Jakarta, saat meninjau area balap, Rabu (29/12/2021).

Gunung mengatakan, sponsor yang masuk ada dari brand makanan, minuman, dan juga bank. Namun, pihaknya belum dapat merinci brand apa saja yang sudah masuk.

Brand minuman ada, makanan ada, terus bank ada. Gitu lah kira-kira,” ujar dia.

Baca Juga: Formula E DKI Targetkan 60 Ribu Penonton dan Uang Beredar Rp1,48 T

1. Pembangunan track full dari Jakpro lewat sponsor

Jakpro: Sponsor Formula E Mulai Masuk, Ada Brand Minuman hingga BankIDN Times/ Helmi Shemi

Sebelumnya, Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni, mengatakan pembangunan track balap menggunakan dana dari Jakpro, yang nantinya akan melibatkan sponsor. Sehingga, tidak ada pendanaan dari APBD dalam pembangunan ini. 

“Yang perlu ditegaskan juga bahwa dalam pembangunan ini tidak ada dana APBD maupun PMD yang digunakan. Jadi semuanya hanya dari Jakpro dan sponsor, dengan track yang permanen, sehingga dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun,” kata Sahroni. 

2. Penentuan venue atas masukan dari Bambang Soesatyo

Jakpro: Sponsor Formula E Mulai Masuk, Ada Brand Minuman hingga BankIkatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) menggelar konferensi pers terkait ajang Formula E pada Rabu (24/11/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Sahroni menjelaskan pemilihan venue ini tidak lepas dari masukan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, yang ingin menghadirkan sarana sirkuit bagi masyarakat Jakarta. 

“Penentuan lokasi di Ancol ini juga merupakan masukan dari Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, yang ingin agar DKI mempunyai sebuah sirkuit untuk memfasilitasi kegiatan balap dan otomotif di masyarakat. Karena seperti kita ketahui, memang saat ini masih belum ada sarana balapan di ibu kota, jadi harapannya kehadiran sirkuit ini bisa menjadi jawaban,” ujar dia.

Baca Juga: DPRD Pertanyakan Kucuran Rp1,2 T Bank DKI ke Ancol, untuk Formula E?

3. Spesifikasi sirkuit dari FEO dan FIA

Jakpro: Sponsor Formula E Mulai Masuk, Ada Brand Minuman hingga BankSpesifikasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (dok. Jakpro)

Lebih jauh, Sahroni menjelaskan, sirkuit Formula E akan segera dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari Formula E Operations (FEO) dan Fédération Internationale de l'Automobilen (FIA). Rencananya, sirkuit akan selesai pada April 2022. 

Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen, sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang,” kata dia. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya